Taman Nasional Ujung Kulon, Kawasan Konservasi di Indonesia yang Jadi Warisan Dunia UNESCO
Travel

Pada Sabtu (6/7) lalu, UNESCO menetapkan Sawahlunto sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia. Dengan penetapan ini, Sawahlunto menjadi situs Warisan Dunia ke-9 yang ada di Indonesia.

WowKeren - Warisan Dunia UNESCO yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Situs ini diresmikan sebagai Warisan Dunia versi UNESCO pada tahun 1991 silam.

Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Provinsi Banten ini sendiri merupakan taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia. Taman nasional yang memiliki luas sekitar 122.956 hektar ini mencakup berbagai kawasan, yaitu Gunung Krakatau, Pulau Panaitan dan Pulau Peucang di Selat Sunda.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan satu-satunya tempat untuk melestarikan badak Jawa yang langka dan hampir punah. Selain badak, Taman Nasional Ujung Kulon juga menjadi tempat pelestarian berbagai hewan dan tumbuhan langka lainnya.

Di antaranya adalah 35 spesies mamalia, termasuk owa Jawa, macan tutul Jawa, banteng dan lutung budeng. Selain itu juga ada sekitar 72 spesies reptil dan amfibi serta 240 spesies burung dan unggas.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru