Taman Nasional Lorentz, Area Konservasi Paling Luas di Kawasan Asia Tenggara
Travel

Pada Sabtu (6/7) lalu, UNESCO menetapkan Sawahlunto sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia. Dengan penetapan ini, Sawahlunto menjadi situs Warisan Dunia ke-9 yang ada di Indonesia.

WowKeren - Taman Nasional Lorentz adalah Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 1999 silam. Terletak di Provinsi Papua, Taman Nasional Lorentz memiliki luas sekitar 2,35 juta hektar. Karena luasnya tersebut, Taman Nasional Lorentz menjadi area konservasi paling luas yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, Taman Nasional Lorentz juga menjadi satu dari tiga kawasan di dunia yang memiliki gletser di wilayah tropis. Dan di Taman Nasional Lorentz terdapat Gunung Cartenz yang dengan Puncak Jaya Wijaya yang merupakan gunung tertinggi ke-9 di dunia.

Taman Nasional Lorentz juga dikenal sebagai salah satu taman nasional yang memiliki ekologi paling beragam di dunia. Sebab di kawasan ini terdapat sekitar 630 spesies burung, 123 spesies mamalia serta ratusan spesies ikan.

Kawasan ini juga dikenal memiliki geologi kompleks karena berada di titik pertemuan dua lempeng benua yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati dan endemisme yang tinggi. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat fosil yang menjadi saksi evolusi kehidupan di Papua dan New Guinea.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru