Teaser Live-Action 'Mulan' Disambut Negatif di Tiongkok, Dituding Hanya Pedulikan Penonton Barat
Disney
Film

Sebagian besar warga Tiongkok juga mempermasalahkan ketidakakuratan sejarah yang terlihat di teaser 'Mulan' dan menyebut Disney tidak menghormati budaya mereka.

WowKeren - Teaser perdana proyek live-action baru Disney, "Mulan", boleh saja memecahkan rekor tayang. Akan tetapi, rupanya cuplikan singkat ini justru mendapat sambutan negatif dari warga Tiongkok.

Awalnya, proyek remake ini memang mendapatkan perhatian tersendiri di kalangan warga Tiongkok. Bahkan sejak dirilis pada 7 Juli lalu, topik soal teaser "Mulan" menjadi trending topic di media sosial Weibo.


Namun kini, laporan terbaru justru menyebut bahwa sebagian besar warga Tiongkok merasa kurang puas dengan teaser ini. Dilansir Variety pada Jumat (12/7), banyak yang mengklaim bahwa film "Mulan" nantinya justru tidak menghormati budaya Tiongkok karena ketidakakuratan sejarah yang terlihat di teaser yang baru dirilis.

Diketahui, kisah "Mulan" sendiri berlatar pada periode dinasti Utara dan Selatan, yaitu sekitar abad ke-5 Masehi. Karakter Mulan dikisahkan lahir di Utara, tetapi dalam teaser versi live-actionnya ia malah ditampilkan di sebuah rumah bundar yang disebut tulou.

Struktur bentuk rumah ini sebenarnya berasal dari bagian pantai selatan Tiongkok, tepatnya di Fujian. Selain itu, tulou sendiri tidak muncul sampai Dinasti Ming, sekitar seribu tahun kemudian.

"Disney tidak boleh gegabah dan hanya berpikir bahwa karena tulou itu cantik, mereka bisa membuat Mulan hidup di dalamnya. Dia bukan orang Fujian!" kritik salah satu warga Tiongkok.

Tak hanya itu, ada pula yang menilai bahwa versi live-action "Mulan" ini seakan dikhususkan untuk penonton Barat saja. "Filmnya hanya mencoba untuk mengambil hati penonton Barat. Seperti yang mereka pikirkan, oh, elemen ini benar-benar Cina, sangat Oriental, jadi aku akan memasukkannya ke dalam film untuk membuat semua orang merasa ini adalah film yang sangat 'Cina'. benar-benar tidak menghormati budaya dan penonton non-Barat," sindir lainnya.

Namun terlepas dari kritik ini, teaser "Mulan" sendiri mendapatkan sambutan yang sangat meriah secara global. Bahkan secara keseluruhan, teaser "Mulan" sendiri sudah disaksikan lebih dari 175 juta kali selama 24 jam pertama di berbagai platform.

Hasil ini menjadikan "Mulan" sebagai film live-action dengan debut teaser terbesar kedua yang paling banyak dilihat. Teaser ini juga menjadi salah satu cuplikan debut dengan jumlah penonton tertinggi sepanjang masa, tepatnya di peringkat keenam di belakang "Avengers: Endgame", "Avengers: Infinity War", "The Lion King", "It", dan "The Fate of the Furious".

Di sisi lain, film live-action "Mulan" ini akan diarahkan oleh sutradara Niki Caro. Dibintangi oleh Liu Yifei hingga Jet Li, rencananya film ini siap menyapa penggemar pada 27 Maret 2020 mendatang.

You can share this post!

Related Posts
Loading...