9 Efek Buruk Gadget Untuk Kesehatan, Waspadalah Jika Tak Ingin Sakit
Health

Gadget seolah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia modern. Namun, tahukah kalian jika penggunaan gadget secara berlebihan dapat memicu masalah kesehatan? Simak penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan gadget berikut ini.

WowKeren - Di era modern seperti saat ini, gadget seolah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Mulai dari laptop, tablet hingga smartphone. Karena itu, hampir setiap orang selalu membawa gadget kemana pun mereka pergi.

Hal ini disebabkan karena gadget tidak sekedar menjadi alat komunikasi. Namun juga sebagai alat untuk mengetahui berbagai informasi dan sejumlah fitur menarik lainnya.


Tapi tahukah kalian jika penggunaan gadget yang terlalu sering juga bisa memicu munculnya masalah kesehatan? Ada yang masih tergolong ringan, namun ada juga yang serius dan butuh penanganan lanjutan.

Nah, mau tahu apa saja masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Awas, Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bisa Sebabkan Otot Cedera


Awas, Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bisa Sebabkan Otot Cedera

Masalah kesehatan pertama yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan gadget secara berlebihan adalah terjadinya cedera pada otot. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan kecil dan konstan yang kita lakukan saat menggunakan gadget bisa memicu cedera otot hingga menimbulkan rasa nyeri.

Misalnya gerakan mengetik yang berlebihan bisa menyebabkan pembengkakan pada otot. Selain itu, menggunakan mouse selama setengah jam sehari juga dapat meningkatkan risiko rasa sakit di pundak, lengan bawah atau tangan.

Gangguan lainnya lebih mengkhawatirkan, misal terjadinya Repetitive Stress Injuries atau RSI. RSI sendiri terjadi ketika salah satu bagian tubuh mengalami cedera ringan karena penggunaan gadget. Kondisi ini bahkan dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh.

Sel yang rusak karena RSI dapat melepaskan zat yang bernama cytokines ke aliran darah. Kondisi ini cukup membahayakan, karena cytokines yang tersirkulasi di aliran darah dapat menjadi racun untuk sel syaraf dan sel-sel lainnya.

2. Gadget Juga Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur Atau Insomnia


Gadget Juga Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur Atau Insomnia

Kita sering tidak sadar saat sedang asyik menggunakan gadget hingga lupa waktu. Padahal tubuh manusia mengenali waktu di mana kita merasa lelah dan harus beristirahat.

Tapi penggunaan gadget yang berlebihan bisa mengganggu waktu tidur kita. Selain itu, hal ini juga bisa mengacaukan jam internal tubuh.

Faktanya, kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga serius. Karena itu, mulai sekarang mulai kurangi waktu penggunaan gadget dan atur waktu tidurmu dengan lebih baik.

3. Penggunaan Gadget yang Berlebihan Berbahaya Untuk Kesehatan Mata


Penggunaan Gadget yang Berlebihan Berbahaya Untuk Kesehatan Mata

Dampak buruk selanjutnya dari penggunaan gadget yang berlebihan adalah dapat mempengaruhi kesehatan mata. Hal ini terjadi karena kita terlalu sering menatap gadget secara konstan, sehingga menimbulkan ketegangan pada mata.

Berbagai masalah yang ditimbulkan di antaranya adalah rasa pedih pada mata, mata kering, sakit kepala dan iritasi. Meski demikian, hal ini tidak akan menjadi masalah serius jika kamu melakukan beberapa langkah dasar.

Caranya adalah dengan mengistirahatkan mata dari menatap gadget setiap 20 menit. Setelah itu alihkan pandangan ke tempat lain dengan jarak pandang minimal 6 meter selama 20 detik.

4. Sering Mendengarkan Musik dengan Gadget? Hati-Hati, Pendengaranmu Bisa Terganggu Loh


Sering Mendengarkan Musik dengan Gadget? Hati-Hati, Pendengaranmu Bisa Terganggu Loh

Apa kamu sering mendengarkan musik melalui earphone? Maka, mulai sekarang kamu harus mengurangi kebiasaan ini, sebab pendengaranmu berisiko terganggu.

Para ahli mengatakan bahwa suara yang dikeluarkan dari earphone sebesar 85 desibel. Hal ini bisa mengubah rambut mikroskopis yang ada di telinga bagian dalam ke jaringan parut, sehingga akan mengganggu kemampuan pendengaran manusia.

5. Penggunaan Gadget yang Berlebihan Juga Bisa Menurunkan Kualitas Sperma!


Penggunaan Gadget yang Berlebihan Juga Bisa Menurunkan Kualitas Sperma!

Penggunaan gadget yang berlebihan juga berdampak buruk pada kesuburan pria. Pasalnya, menggunakan ponsel selama lebih dari 18 jam sehari dapat menurunkan produksi sperma seorang lelaki.

Tidak hanya itu, sebuah studi juga mengungkapkan jika penggunaan gadget yang berlebihan juga akan mempengaruhi kualitas sperma. Misalnya, pria yang berbicara di ponsel selama satu jam atau lebih setiap harinya berisiko dua kali lipat memiliki sperma yang buruk. Karena itu, semakin sering seorang lelaki menggunakan gadget, maka semakin rendah jumlah dan kualitas spermanya.

6. Kamu Bisa Terkena Sindrom Phantom Vibe Karena Gadget


Kamu Bisa Terkena Sindrom Phantom Vibe Karena Gadget

Masalah kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan karena gadget adalah Sindrom Phantom Vibe. Ini adalah kondisi di mana seseorang merasa ponselnya bergetar, padahal tidak terjadi apa-apa. Dengan kata lain, kamu akan merasa ponselmu bergetar, padahal tidak ada notifikasi sama sekali.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika 90 persen mahasiswa mengalami kondisi ini ketika berjalan. Penelitian juga menyebut ini bisa jadi gejala dari gangguan ansietas atau perilaku kompulsif.

Tapi tenang, tentu aja ada solusi untuk masalah ini. Kamu cukup menyediakan waktu khusus untuk tidak membawa ponsel ketika bepergian. Hal ini akan melatih diri untuk tidak cemas dan menghindari munculnya getaran-getaran yang tidak ada.

7. Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bisa Memicu Penyakit Tulang Belakang


Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bisa Memicu Penyakit Tulang Belakang

Penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat memicu nyeri punggung. Misal ketika kamu terus-menerus menggunakan gadget dalam posisi duduk, maka posisi itu akan mempengaruhi punggungmu.

Selain itu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang disebut text neck. Kondisi ini terjadi ketika kamu terlalu banyak melihat layar ponsel sambil berjalan. Akibatnya, kamu akan sering menunduk dan membuat tulang belakang menanggung beban yang lebih berat.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka dampaknya bisa semakin serius di masa depan. Sebab kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit tulang belakang. Jika tak ingin semakin parah, usahakan untuk tidak menunduk terlalu lama saat menggunakan ponsel ya.

8. Gadget Juga Bisa Menyebabkan Penyakit Asma, Ini Alasannya


Gadget Juga Bisa Menyebabkan Penyakit Asma, Ini Alasannya

Gadget, yang memiliki banyak jenis dan bentuk memang dipenuhi dengan kecanggihan. Namun, bisa jadi teknologi yang ada di dalamnya malah jadi sumber polusi dalam ruangan.

Salah satu contohnya adalah printer laser. Saat mesin ini digunakan, maka akan mengeluarkan partikel-partikel yang tidak terlihat. Partikel berukuran kecil itu akan masuk ke paru-paru, berdiam di sana dan menyebabkan gangguan pernafasan. Salah satunya adalah asma.

Memang tidak semua printer akan melepaskan partikel tersebut. Namun ada baiknya bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam memilih printer.

9. Gadget Bisa Menyebabkan Penggunanya Terserang Cyber Sickness


Gadget Bisa Menyebabkan Penggunanya Terserang Cyber Sickness

Masalah kesehatan berikutnya yang bisa terjadi karena gadget adalah cyber sickness. Saat mengalami kondisi ini, pengidapnya akan merasa pusing atau mual ketika melihat layar ponsel. Sensasi ini muncul akibat adanya ketidakcocokan di antara sensor perasa.

Selain itu, pengidap cyber sickness juga akan memiliki perasaan layaknya menaiki roller coaster. Menurut para pakar, hal ini terjadi akibat otak menerima rangsangan, namun kondisinya tidak cocok dengan rangsangan yang diterima.

Penyakit ini sendiri biasanya menyerang mereka yang sering melihat adegan aksi atau ketika menggeser layar dengan cepat. Dan mereka yang memiliki migrain juga lebih berisiko untuk terserang penyakit ini.

Demikian sembilan masalah kesehatan dari penggunaan gadget yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Selain itu, kalian juga hendaknya waspada dengan kebiasaan sepele yang bisa merusak otak berikut ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru