Dari Kawah Ijen Hingga G. Lawu, Pemprov Jatim Ingin Ada Kereta Gantung Di Sejumlah Kawasan Wisata
Nasional

Seiring dengan perkembangan kepariwisataan di Jawa Timur, keberadaan kereta gantung di kawasan wisata menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk wisatawan.

WowKeren - Berbicara mengenai tempat wisata, Jawa Timur menawarkan destinasi yang cukup beragam mulai dari wisata alam hingga budaya. Untuk menunjang potensi wisata ini, tentu ketersediaan fasilitas memainkan peranan yang penting, seperti cable car atau kereta gantung.

Sayangnya, belum adanya regulasi yang mengatur fasilitas yang satu ini, membuat Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum bisa menyediakan kereta gantung. Padahal, banyak kawasan wisata menarik di Jatim yang sangat memerlukan fasilitas yang satu ini, seperti Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS) hingga Kawah Ijen. Hal tersebut sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto.

"Seperti Kawah Ijen, Batu, mungkin juga di barat, seperti Selingkar Wilis, sekitar Lawu," kata Sinarto dilansir dari Suara Surabaya, Senin (15/7). "Ke depan memang membutuhkan cable car."

Terkait regulasi, ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. "Jadi, Batu (Pemkot) itu tanya, kapan bisa bangun cable car, karena di sana juga sudah padat. Saya komunikasi dengan Dishub, regulasi membangun cable car memang belum ada," jelas Sinarto.


Ia berharap dengan terealisasinya pembangunan kereta gantung di TNBTS, regulasi tersebut bisa diaplikasikan. Adapun regulasi tersebut diperlukan untuk mengatur agar tidak terjadi konflik kepentingan di kawasan wisata.

"Ya, harapannya seperti itu. Karena pertimbangannya banyak," tutur Sinarto. "Regulasi itu juga akan mengatur supaya tidak terjadi benturan kepentingan di wilayah (wisata) itu."

Ke depannya, kereta gantung ini akan menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi para wisatawan seiring berkembangnya kepariwisataan. Oleh sebab itu, pemerintah perlu segera membuat regulasi untuk menjawab kepentingan ini.

Tak hanya dilihat dari segi wisatawan, pembangunan kereta gantung juga kemungkinan besar bisa menarik para investor. Hal tersebut mengingat potensi wisata di jawa Timur sangat tinggi.

"Jawa timur ini hebatnya, kan, gunungnya bagus, pantainya juga bagus, budayanya juga menarik," lanjut Sinarto. "Ini menjadi satu kesatuan daya saing yang mampu memaksimalkan potensi ekonomi itu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru