Garuda Indonesia Larang Penumpang Foto Di Dalam Pesawat, Ada Sanksi Untuk Pelanggar
Nasional
YouTuber VS Garuda Indonesia

Larangan tersebut terkandung dalam surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Garuda Indonesia pada Minggu (14/7). Larangan tersebut berlaku untuk awak kabin maupun penumpang.

WowKeren - Maskapai Garuda Indonesia baru saja mengeluarkan surat larangan mengambil gambar di dalam kabin pesawat. Dilansir Kumparan pada Selasa (16/7), surat tersebut ditandatangani oleh Pjs SM FA Standarization & Development Garuda Indonesia, Evi Oktaviana, pada Minggu (14/7).

Dalam surat larangan tersebut, baik awak kabin maupun penumpang dilarang mengambil gambar dalam bentuk apa pun. Baik berupa foto maupun video.


"Menindaklanjuti arahan dari Manajemen, kepada seluruh awak kabin diinformasikan sebagai berikut," demikian kutipan surat larangan tersebut. "Tidak diperbolehkan mendokumentasikan segala kegiatan di pesawat, baik berupa foto ataupun video, oleh awak kabin atau pun penumpang."

Atas larangan tersebut, para awak kabin seperti pramugari diminta untuk menyampaikan kebijakan ini kepada para penumpang. Namun, larangan ini tak berlaku apabila ada penumpang yang sudah memperoleh surat izin dari pihak Garuda.

"Awak kabin harus menggunakan bahasa yang assertive dalam menyampaikan larangan kepada penumpang untuk poin nomor 1," lanjut surat tersebut. "Kecuali sudah mendapatkan izin dari Perusahaan."

Selain itu, para pelanggar juga akan dikenai sanksi. "Perusahaan akan memberi sanksi jika terjadi pelanggaran terhadap ketentuan di atas," tegas surat larang tersebut.

Merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional, memang ada larangan mengambil gambar di lokasi tertentu, seperti pada Daerah Keamanan Terbatas. Namun berdasarkan regulasi ini, kabin pesawat tidak termasuk dalam Daerah Keamanan Pesawat. Pihak Garuda sendiri belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait larangan tersebut.

Sebelumnya, Garuda juga sempat menjadi sorotan usai foto yang disebut sebagai daftar menu makanan tertulis tangan viral di media sosial. Foto menu makanan tersebut dibagikan oleh seorang influencer Indonesia dengan akun @rius.vernandes.

Menurut Rius, catatan menu makanan yang ditulis tangan itu diberikan kepada penumpang Garuda di kelas bisnis. Ia mengaku bahwa awak kabin beralasan buku menu mereka masih dalam proses percetakan.

Pihak Garuda sendiri telah meluruskan isu tersebut. Menurut Garuda, catatan tersebut bukanlah menu yang dibagikan kepada penumpang, melainkan catatan pribadi bagi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...