Paling Banyak Diadukan Terkait Kasus Pelanggaran HAM, Begini Tanggapan Polri
Instagram/divisihumaspolri
Nasional

Sepanjang Januari-April 2019 Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat 525 pengaduan masyarakat terkait kasus pelanggaran HAM, 60 di antaranya berkaitan dengan Polri.

WowKeren - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat sepanjang Januari-April 2019 pihaknya menerima aduan dari masyarakat terkait kasus pelanggaran HAM. 60 kasus diantaranya diduga dilakukan oleh oknum Polri di berbagai daerah di Indonesia.

Informasi tersebut ditanggapi oleh Polri. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan bahwa laporan itu terkait dengan kasus yang dilakukan kepolisian.

"Tingkat penyelesaian Polri dalam penanganan kasus itu, kasus-kasus pidana itu, di atas 60 persen," kata Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/7). "Jadi pasti memiliki impact dalam penanganan kasus, 350.000 sampai dengan 400.000 kasus yang ditangani, pasti ada impact-nya."


Oleh sebab itu, jumlah laporan yang masuk tidak bisa dibandingkan dengan lembaga lain yang tidak menangani laporan masyarakat sebanyak Polri. Meski demikian, Polri tetap menghargai temuan Komnas HAM. Ia menuturkan untuk ke depannya, Polri akan melakukan perbaikan segala aspek termasuk kinerja dan manajemen.

"Temuan itu tetap sangat dihargai, sangat diapresiasi," tutur Dedi. "Dan terus Polri dalam hal ini melakukan pembenahan sesuai dengan promoter, kinerjanya dibenahi, budayanya dibenahi, manajemen medianya dibenahi."

Sebelumnya, Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Amiruddin menjelaskan bahwa Polri menjadi pihak yang paling banyak dilaporkan terkait kasus pelanggaran HAM. Dari 525 kasus yang diadukan oleh masyarakat, 60 di antaranya berkaitan dengan Polri.

"Selama empat bulan terakhir, Komnas HAM menerima 525 kasus yang berasal dari individu, kelompok masyarakat, organisasi, dan kantor pengacara," ujar Amiruddin di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (17/7). "Dari jumlah kasus itu, pihak yang paling banyak diadukan adalah kepolisian dengan 60 kasus."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait