Intip 7 Kesalahan Saat Menjalani Diet Ketogenik Yang Sering Banget Dilakukan Oleh Pemula
Lifestyle

Namun dibalik hasil yang menjanjikan, diet keto ini harus memiliki persiapan matang dan aturan yang harus dipatuhi. Alih-alih mendapatkan tubuh ideal para pelaku diet keto ini malah akan mendapatkan gangguan kesehatan.

WowKeren - Saat ini sudah banyak metode diet yang diklaim ampuh dalam menurunkan berat badan. Salah satu yang populer adalah metode diet ketogenik yang telah dilakukan oleh banyak selebriti barat seperti Kim Kardashian.

Diet ketogenik atau yang sering disebut diet keto adalah metode diet tinggi lemak sehat, rendah protein dan bebas karbohidrat kecuali karbohidrat dari sayuran. Metode diet ini biasanya digunakan untuk penyembuhan epilepsi tanpa menggunakan obat-obatan. Selain itu, metode diet ini dirasakan bisa sebagai cara membunuh sel-sel kanker.


Saat menjalankan diet ini, tubuh kalian akan merasakan proses yang disebut ketosis. Ketosis adalah proses untuk memaksa tubuh untuk membakar lemak yang disimpan tubuh menjadi energi. Hal inilah yang diklaim menjadi kunci utama untuk menurunkan berat badan.

Namun dibalik hasil yang menjanjikan, diet keto ini harus memiliki persiapan matang dan aturan yang harus dipatuhi. Alih-alih mendapatkan tubuh ideal para pelaku diet keto ini malah akan mendapatkan gangguan kesehatan.

Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para pelaku diet keto yang sudah tim WowKeren rangkum. Kesalahan ini kerap dilakukan terutama pelaku yang baru mulai melakukan diet keto. Yuk di simak!

(wk/putr)

1. Banyak Yang Tidak Melakukan Persiapan Dan Asal Melakukan Diet


Banyak Yang Tidak Melakukan Persiapan Dan Asal Melakukan Diet

Nyatanya banyak orang yang memulai diet keto tanpa rencana dan hanya asal mulai. Nyatanya diet keto memerlukan perencanaan yang matang dalam hal makanan mulai dari strategi, rencana, dan ide menu yang dapat mendukung keberhasilan diet ini. Bahkan bisa dibilang, jenis diet ini membutuhkan usaha yang lebih dari jenis diet lainnya.

Padahal persiapan menu makanan adalah salah satu kunci penting untuk mendukung terciptanya kondisi ketosis. Jadi, sebelum kalian memutuskan untuk menjalani diet keto, tentukan dulu menu yang akan dikonsumsi dan pastinya harus memenuhi syarat serta aturan kesehatan diet ketogenik.

2. Kurang Minum Air Putih Saat Diet Keto Bisa Bikin Kesehatan Jadi Terganggu


Kurang Minum Air Putih Saat Diet Keto Bisa Bikin Kesehatan Jadi Terganggu

Pada umumnya minum air putih yang cukup sudah sangat penting bagi tubuh orang normal, apalagi untuk tubuh yang sedang mengalami ketosis. Ketika menjalani diet keto di mana konsumsi karbohidrat dibatasi, banyak penyesuaian yang akan terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah kadar gula darah dan insulin yang menurun.

Ketika kadar insulin menurun, ginjal akan melepaskan cairan yang disimpan secara berlebihan. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan dehidrasi. Pada awal menjalani diet keto, kebanyakan orang akan merasa pusing dan sakit kepala akibat jumlah elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang. Untuk itu, kalian sebaiknya mengkonsumsi sekitar 3,5 liter untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh. Intip juga menu makanan Indonesia yang cocok untuk diet di sini.

3. Malah Banyak Mengkonsumsi Lemak Jenuh Alih-alih Lemak Sehat


Malah Banyak Mengkonsumsi Lemak Jenuh Alih-alih Lemak Sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa prinsip dari diet keto adalah mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan lemak serta protein. Hal ini kadang membuat orang salah kaprah dengan prinsip mengkonsumsi lemak sebanyak-banyaknya. Bahkan lemak yang dikonsumsi kebanyakan adalah lemak jenuh alih-alih lemak sehat.

Meski lemak berperan sebagai pengganti karbohidrat, perlu diingat bahwa tidak semua lemak bersifat baik. Bahkan sekalipun lemak baik, bukan berarti mengkonsumsinya secara berlebihan akan membawa kesehatan yang lebih baik. Perlu diingat juga bahwa konsumsi lemak jenuh akan meningkatkan 18 persen resiko penyakit jantung koroner loh.

4. Mengabaikan Waktu Tidur Bisa Bikin Diet Keto Kalian Sia-sia


Mengabaikan Waktu Tidur Bisa Bikin Diet Keto Kalian Sia-sia

Banyak orang yang menganggap sepele masalah tidur karena efeknya yang tak langsung dirasakan. Padahal, hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan program diet yang sedang kalian jalani loh. Beberapa orang yang menjalani program diet keto berkeinginan untuk dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh dan penurunan berat badan sebagai bonus.

Padahal nyatanya, kurang tidur juga akan memengaruhi kadar gula dalam tubuh kalian. Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu stress yang bakal makin memperparah kesehatan tubuh. Saat stress tubuh akan memproduksi hormom kortisol dan menyebabkan lemak tetap bertahan di tubuh dan menahan air.

5. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Merah Dan Protein


Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging Merah Dan Protein

Para pelaku diet ketogenik memang diperbolehkan mengkonsumsi protein seperti daging merah. Namun, terlalu banyak mengkonsumsinya justru bisa membahayakan tubuh kalian loh. Kelebihan protein dari konsumsi daging tersebut dapat mengganggu ketosis, sehingga pelaku diet tidak akan mendapat kegiatan ketogenik.

Karena itu diharapkan sebelum kalian memilih mulai diet keto sebelumnya sudah memiliki persiapan. Berkonsultasilah dengan ahli nutrisi atau ahli gizi agar menu makanan yang dikonsumsi sesuai dengan karakter asupan dari diet keto. Intip juga jenis diet yang sehat untuk tubuh di sini.

6. Banyak Orang Salah Paham Dan Sama Sekali Tidak Mengkonsumsi Sayur


Banyak Orang Salah Paham Dan Sama Sekali Tidak Mengkonsumsi Sayur

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa diet keto membatasi konsumsi karbohidrat kalian. Namun hal ini membuat banyak orang salah paham dengan tak mengkonsumsi sayur sama sekali. Memang benar, sebagian besar sayuran mengandung serat dan karbohidrat, tetapi banyak juga jenis sayur yang rendah karbohidrat dan dapat kalian masukkan ke dalam menu diet.

Hal ini justru mengurangi asupan zat lain seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa sayuran yang bisa kalian jadikan pilihan menu diet keta adalah brokoli, asparagus, kembang kol dan paprika. Ketiganya merupakan sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang penting bagi tubuh kalian.

7. Berhenti Saat Mengalami Flu Yang Nyatanya Pertanda Baik Bagi Diet Keto


Berhenti Saat Mengalami Flu Yang Nyatanya Pertanda Baik Bagi Diet Keto

Saat melakukan diet keto, para pelakunya biasanya akan mengalami flu, yang biasa disebut keto flu. Kondisi ini akan terjadi setelah beberapa hari diet keto dimulai. Namun enggak usah khawatir karena ini merupakan pertanda bahwa tubuh kalian berhasil mengalami proses ketosis. Kondisi ini merupakan efek samping dari beralihnya pembakaran glukosa menjadi pembakaran lemak. Selain itu, flu juga bisa terjadi karena efek dari penurunan insulin tubuh.

Banyak orang yang enggak mengetahui hal tersebut dan menganggapnya sebagai penyakit yang perlu segera disembuhkan. Hasilnya, mereka terkadang berhenti di tengah jalan dan mulai mengkonsumsi makanan bergizi seperti hari biasanya. Terlebih lagi ketika pelaku diet keto merasa lelah, sakit kepala, dan mengalami perubahan suasana hati. Jadi mulai sekarang enggak usah khawatir ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru