Ruri Repvblik Ngaku Tak Punya Waktu untuk Gimmick, Tantang Lucinta Luna Buktikan Soal Plagiat
WowKeren/Fernando
Selebriti

Ruri Repvblik akhirnya buka suara soal Lucinta Luna yang mengaku diprovokasi terlebih dahulu sehingga menyebarkan isu plagiat. Ternyata, Lucinta pernah ditolak sebagai model video klip Repvblik.

WowKeren - Permasalahan band Repvblik dan Lucinta Luna belakangan ramai menjadi perbincangan publik. Hal itu berawal dari sindiran Lucinta yang menyebut lagu "Andaikan" milik band Repvblik memplagiat lagu Savage Garden. Karena permasalahan ini, beredar pula rumor bahwa Repvblik dan Lucinta sengaja menciptakan gimmick untuk menaikkan pamor.

Menanggapi dugaan tersebut, vokalis Repvblik Ruri membantahnya dengan tegas. Menurut Ruri, band yang dibentuk sejak 2004 silam tersebut bahkan terlalu sibuk untuk berjumpa dengan keluarga mereka. Oleh sebab itu, Ruri mengaku tak akan punya waktu untuk melakukan settingan dengan Lucinta.

"Banyak yang bilang 'Ini sebenernya settingan atau pansos sih.' Dari kita berkarier selama 13 tahun, kita enggak pernah namanya cari-cari sensasi," tutur Ruri saat ditemui WowKeren di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (19/7). "Dan bisa dicek juga story-nya Repvblik itu, jejak digitalnya juga ada, kita memang banyak manggung gitu. Ketemu keluarga aja susah, apalagi mikirin gimmick-gimmick begini."

Dibanding membuat gimmick, Ruri dan band-nya lebih berfokus untuk menciptakan karya yang disukai para penggemar mereka. "Kita fokus berkarya, orang lain suka sama karya kita, ya itu yang kita buat," sambung Ruri.

Dari masalah ini, Ruri dan Repvblik mengaku dapat mengambil hikmah untuk tidak bersikap emosional seperti Lucinta. "Pelajarannya adalah, yang pasti kita jangan seperti dia lah. Itu aja sih," kata Ruri.


Mengenai permohonan maaf yang diminta Lucinta, Ruri mengaku bingung lantaran tidak merasa bersalah. Menurut Ruri, keputusannya dan para personel Repvblik untuk menolak Lucinta sebagai model video klip merupakan hak mereka.

"Ini yang aneh. Kita enggak salah nih, terus gue disuruh minta maaf, terus disebut binatang lah. Gue juga bingung kenapa. Salahnya apa," jelas Ruri. "Apalagi keputusan pada label. Memang kebetulan pas itu gue enggak cocok ama dia gitu. Gue kan cari yang muda, yang cocok sama karakter lagunya. Waktu itu cewek kan, cewek yang cocok."

Ruri pun menanggapi isu plagiat yang dituduhkan Lucinta Luna terhadap lagu "Andaikan". Menurut Ruri, semua orang berhak menyampaikan pendapatnya, termasuk Lucinta. Oleh sebab itu, Ruri pun mempersilahkan Lucinta apabila memiliki bukti atas tuduhan plagiat tersebut.

"Orang boleh berkomentar, berpendapat, siapa pun itu. Enggak cuma Lucinta Luna ya. Siapa pun boleh berkomentar," ucap Ruri. "Tapi kan di sini, plagiatnya dari mana, buktinya apa, yang dibilang plagiat itu seperti apa. Kan ada etikanya, ada tata caranya."

"Terus kan memang mungkin nuansanya seperti mirip tapi kan beda. Chord-nya aja lain," terang Ruri. "Intinya di dunia ini kan cuma ada 7 (nada), do re mi fa sol la si do, itu-itu aja. Gimana cara bolak-baliknya. Itu yang mungkin orang 'ini sama ya' enggak nyampe 8 bar gitu lo. Dan kita enggak ngikutin itu," tutup Hexa, gitaris Repvblik.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru