Jangan Ditiru, Aksi Nunung Pakai Narkoba Buat Tambah Stamina Bisa Sebabkan Gila Hingga Kematian
Instagram/triretnoprayudati_nunung
Health

Penangkapan Nunung karena penyalahgunaan narkoba yang terjadi baru-baru ini cukup mengejutkan. Kepada polisi, ia mengaku menggunakan narkoba untuk meningkatkan stamina. Namun di balik itu, tersimpan berbagai bahaya seperti berikut ini.

WowKeren - Baru-baru ini publik dikejutkan dengan penangkapan komedian Nunung karena penyalahgunaan narkoba. Karena panik, Nunung bahkan sempat membuang barang bukti sabu seberat 0,36 gram ke kloset. Dan setelah menjalani tes urine, Nunung dan suaminya, Iyan Sambiran, dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Namun yang lebih mengejutkan, rupanya ini bukan pertama kalinya Nunung mengonsumsi narkoba. Sebab berdasarkan keterangan polisi, anggota Srimulat ini telah mengonsumsi narkoba selama 20 tahun. Polisi juga menjelaskan jika Nunung terpaksa menggunakan narkoba untuk meningkatkan stamina dalam bekerja.


Memang benar jika narkoba dapat meningkatkan stamina, karena fungsinya sebagai obat stimulan yang sangat adiktif dan secara kimiawi mirip dengan amfetamin. Namun jangan salah, sebab di baliknya juga tersimpan berbagai dampak negatif yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Mau tahu apa saja dampak negatif narkoba untuk tubuh manusia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Awas, Narkoba Bisa Menyebabkan Penggunanya Kecanduan!


Awas, Narkoba Bisa Menyebabkan Penggunanya Kecanduan!

Pada dasarnya, narkoba memiliki efek candu dan ketergantungan yang tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat obat terlarang satu ini menjadi sangat berbahaya.

Jika sudah mulai menggunakan narkoba, maka akan muncul keinginan untuk terus menggunakannya dalam diri seseorang. Tidak hanya itu, sebab semakin lama dosis yang digunakan juga akan semakin tinggi.

Jika sudah demikian, maka akan sulit untuk berhenti menggunakannya. Karena itulah, rehabilitasi sangat dibutuhkan para pengguna narkoba, dan pengawasan tetap harus dilakukan bahkan setelah rehabilitasi selesai. Sebab ada banyak kasus di mana seseorang kembali menggunakan narkoba bahkan setelah lepas dari kecanduan.

2. Narkoba Rentan Menurunkan Kesadaran Penggunanya Hingga Kesulitan dalam Beraktivitas


Narkoba Rentan Menurunkan Kesadaran Penggunanya Hingga Kesulitan dalam Beraktivitas

Bahaya dari mengonsumsi narkoba selanjutnya adalah dapat menurunkan kesadaran seseorang. Hal ini tentunya bisa membuat penggunanya kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Misalnya bagi pelajar, mereka akan kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Dan jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa berpengaruh pada kehidupannya secara keseluruhan.

Biasanya, efek yang dirasakan bisa saja tidak hanya terjadi saat menggunakan narkoba. Sebab efeknya bisa bertahan bahkan beberapa jam setelahnya. Karena itu, pengguna narkoba biasanya cenderung kesulitan untuk fokus dan bermasalah dalam mengambil keputusan.

3. Waspadalah, Narkoba Bisa Menyebabkan Kerusakan pada Sel Otak


Waspadalah, Narkoba Bisa Menyebabkan Kerusakan pada Sel Otak

Bahaya narkoba bagi tubuh manusia selanjutnya adalah dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, mulai dari yang ringan hingga permanen. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis narkoba mengharuskan otak bekerja tidak sebagaimana mestinya.

Contohnya narkoba jenis stimulan yang akan memaksa otak bekerja lebih cepat dari seharusnya. Selain itu, saat menggunakan narkoba, muatan listrik dalam otak akan berlebihan, dan jika sudah kecanduan, lama-kelamaan saraf otak bisa rusak.

Karena otak adalah pusat sistem saraf manusia, maka jika sudah demikian berbagai masalah akan muncul. Mulai dari masalah kebutaan, gangguan kesadaran, gila dan masih banyak lagi. Selain karena narkoba, beberapa kebiasaan sepele ini juga bisa merusak otak loh.

4. Kamu Akan Rentan Terserang Berbagai Penyakit Jika Nekat Mengonsumsi Narkoba


Kamu Akan Rentan Terserang Berbagai Penyakit Jika Nekat Mengonsumsi Narkoba

Penggunaan narkoba dapat secara langsung memberikan efek negatif pada tubuh. Bahayanya pada kesehatan dapat dirasakan secara langsung, namun juga bisa muncul setelah penggunaan di waktu yang lama.

Karena itu, para pengguna narkoba biasanya akan rentan terserang berbagai penyakit. Kondisi paling umum yang dialami pengguna narkoba biasanya adalah gangguan irama jantung, gangguan paru-paru hingga hipertensi. Karena itu, jangan coba-coba untuk mengonsumsi narkoba ya.

5. Secara Tidak Langsung Narkoba Bisa Merusak Kehidupan Sosial Seseorang Loh


Secara Tidak Langsung Narkoba Bisa Merusak Kehidupan Sosial Seseorang Loh

Selain memberikan dampak secara langsung untuk kesehatan, narkoba juga juga bisa menyebabkan rusaknya kehidupan sosial seseorang. Kok bisa? Ya, karena pengguna narkoba akan kesulitan dalam mengontrol emosi dan bisa mendapatkan banyak masalah akibat kecanduan yang dialaminya.

Karena itu, pengguna narkoba biasanya akan kesulitan untuk menjaga hubungan dengan orang-orang di sekitar. Dan mereka akan lebih memilih untuk menyendiri dan menghindari keramaian.

Tidak hanya itu, sebab pengguna narkoba juga berisiko ditindak secara hukum karena penyalahgunaan narkoba memang sebuah pelanggaran hukum. Jika sudah demikian, maka kualitas hidupnya akan kacau dan terganggu.

6. Penyalahgunaan Narkoba Dapat Menyebabkan Dehidrasi


Penyalahgunaan Narkoba Dapat Menyebabkan Dehidrasi

Dampak buruk berikutnya dari penyalahgunaan narkoba adalah dehidrasi. Seperti yang diketahui, dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh seseorang kekurangan cairan.

Jika tubuh sudah mengalami dehidrasi, berbagai masalah kesehatan akan muncul. Mulai dari kejang, demam, hipotensi, jantung berdetak cepat, kulit keriput, sembelit, pusing, kehausan dan masih banyak lagi.

Berbagai penyakit lain akibat dehidrasi juga bisa terjadi. Bahkan jika kondisi ini terus dibiarkan, sel otak seseorang dapat mengalami kerusakan.

7. Penggunaan Narkoba yang Berlebihan dan Berlangsung Lama Bisa Menyebabkan Terjadinya Halusinasi


Penggunaan Narkoba yang Berlebihan dan Berlangsung Lama Bisa Menyebabkan Terjadinya Halusinasi

Tidak hanya berdampak buruk pada fisik, penggunaan narkoba juga memberikan pengaruh negatif pada kesehatan mental. Salah satunya adalah halusinasi yang bisa dialami oleh pengguna narkoba.

Tidak hanya itu, penggunaan narkoba dalam dosis berlebihan bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebihan serta gangguan kecemasan. Dan apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, maka berbagai masalah mental bisa dialami penggunanya. Mulai dari depresi, gangguan mental dan kecemasan. Dalam beberapa kasus, pengguna narkoba bisa sampai gila dan memiliki keinginan untuk bunuh diri.

8. Puncaknya, Narkoba Bisa Merenggut Nyawa Seseorang


Puncaknya, Narkoba Bisa Merenggut Nyawa Seseorang

Akibat paling fatal dari penyalahgunaan narkoba adalah dapat menyebabkan kematian. Sebab jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi, pemakai narkoba bisa overdosis dan kehilangan nyawanya.

Hal ini disebabkan karena pemakaian sabu-sabu, opium maupun kokain dapat menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat mengantar seseorang pada kematian. Karena itu, jangan sekali-kali mencoba memakai narkoba, karena nyawa menjadi taruhannya.

Demikian delapan bahaya penyalahgunaan narkoba pada tubuh dan kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa kebiasaan mudah yang ampuh untuk menjaga kesehatan otak. Dan jika kalian memiliki kebiasaan jarang mandi, maka berhati-hatilah, sebab delapan efek buruk ini siap mengintai.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait