Unggah Komik Soal LGBT, Akun Twitter TNI Jadi Target Amukan Warganet
SerbaSerbi

Pusat Penerangan TNI mengunggah komik 4 strip yang menjelaskan tentang perilaku LGBT. Mereka pun menjelaskan soal penyebab LGBT bisa terjadi dan risiko apa yang harus dihadapi pelakunya.

WowKeren - Dunia maya tengah dibuat geger dengan cuitan terbaru dari akun resmi Pusat Penerangan TNI, @Puspen_TNI. Pasalnya dalam cuitan tersebut, Puspen TNI menyinggung soal Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Sebagaimana diketahui, topik terkait LGBT masih tergolong sebagai isu sensitif di Indonesia.

Dalam komik tersebut terlihat sepasang laki-laki dan perempuan yang tengah bercakap-cakap. Mereka sedang membahas LGBT. Lalu muncullah seorang anggota TNI yang membantu memberi penjelasan soal LGBT.

"Ada yg blm tau soal LGBT?" tulis @Puspen_TNI sembari melampirkan komik tersebut. "Yook nyimak SiBinsa edisi LGBT diBawah."

Dalam komiknya, anggota TNI itu menjelaskan tentang pengertian masing-masing komponen dalam LGBT. Menurutnya, perilaku LGBT dapat disebabkan beberapa faktor, seperti keturunan, lingkungan, atau trauma masa kecil. Ia pun menerangkan beberapa risiko kesehatan dari perilaku LGBT, salah satunya penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV/AIDS.

Unggah Komik Soal LGBT, Akun Twitter TNI Jadi Target Amukan Warganet

Twitter


Unggahan ini langsung menuai amarah warganet. Dipantau pada Sabtu (3/8) pukul 14.04 WIB, sudah ada hampir 700 komentar yang ditinggalkan. Warganet menilai unggahan ini sudah di luar ranah pekerjaan TNI. Mereka juga menyoroti soal informasi yang disampaikan dalam komik tersebut.

"Siap! Izin bertanya. Menurut Pasal 6 Undang-Undang No.34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, fungsi TNI adalah sebagai alat pertahanan negara," demikian kutipan komentar @sandalista1***. "Apakah bikin komik LGBT atau main bola seperti PS TNI / TIRA adalah bagian dari mempertahankan negara? Mohon penjelasan."

"Saya cuma mau koreksi sedikit: Penularan Penyakit Seksual Menular tidak disebabkan oleh komunitas LGBT, tapi karena perilaku tidak bertanggung jawab orang-orang ketika berhubungan seksual," ujar @niha***. "Dan tiap orang baik straight/LGBT memiliki faktor risiko yg sama utk tertular/menularkan."

"TNI skrg ngurusin LGBT ?? Urusin tuh teroris2 dan para OPM !!!" cuit @Sarah_P***. "Hanya demi konten loh sampe ngurusin LGBT. So suck," imbuh @rebahanaja***. "Ini disinformasi, sebaiknya dihapus. Lembaga penerangan TNI sepertinya yg kurang pemahaman. Absurd sekali komik ini?" timpal @sarasd***.

Bahkan cuitan Puspen TNI ini sampai membuat kata kunci "LGBT" memuncaki daftar Trending Topic Indonesia. Per-pukul 14.11 WIB, kata kunci ini berada di posisi keempat dan tercatat ada lebih dari 81 ribu cuitan terkait diunggah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait