Takut Ponsel Mati Saat Listrik Tiba-Tiba Padam? Lakukan Saja 8 Cara Ini Untuk Menghemat Bateraimu
Tekno

Sebagian besar warga Jakarta dan Jawa Barat merasa terganggu dengan pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) lalu. Nah jika kamu berada dalam situasi serupa, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel seperti ini.

WowKeren - Pada hari Minggu (4/8) lalu, sebagian besar wilayah Jakarta dan Jawa Barat mengalami pemadaman listrik hingga seharian. Mati lampu ini bahkan jadi yang terparah sejak tahun 2005 lalu. Sehingga ada banyak pihak yang menyayangkan hal ini, mengingat Jakarta merupakan ibukota Indonesia.

PLN sendiri telah meminta maaf atas pemadaman yang menyebabkan adanya gangguan pada sejumlah layanan publik. Seperti listrik rumah tangga hingga sistem transportasi layaknya MRT dan KRL se-Jabodetabek.


Di antara gangguan tersebut, saat listrik padam kita mungkin khawatir dengan daya baterai ponsel yang kita miliki. Pasalnya, ponsel saat ini seolah menjadi barang wajib yang akan selalu kita bawa kemana-mana karena berbagai fungsi pentingnya.

Karena itulah tidak sedikit orang yang mengeluh saat listrik padam karena baterai ponselnya habis dan berujung pada terganggunya jalinan komunikasi penting. Namun jika menemui masalah serupa, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel saat listrik padam. Nah, mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Turunkan Kecerahan Layar Untuk Menghemat Baterai Ponselmu Saat Listrik Padam


Turunkan Kecerahan Layar Untuk Menghemat Baterai Ponselmu Saat Listrik Padam

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel saat listrik padam adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Sebab tingkat kecerahan layar dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka daya baterai yang terhisap akan semakin besar. Karena itu, saat listrik padam sebaiknya jangan menggunakan kecerahan layar otomatis, karena fitur ini akan menggunakan sensor cahaya dan akan menguras baterai pula.

Untuk menyiasatinya, pastikan kamu mengatur kecerahan layar dengan tingkat paling rendah. Kecuali untuk kondisi tertentu, misalnya saat berada di luar ruangan, kamu bisa meningkatkan kecerahan layar ke tingkat yang lebih tinggi.

2. Matikan Fitur GPS Atau Lokasi Untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Listrik Padam


Matikan Fitur GPS Atau Lokasi Untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Listrik Padam

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai ponsel saat listrik padam adalah dengan mematikan fitur GPS atau lokasi. Pasalnya, fitur satu ini akan sangat manguras daya baterai ponsel kamu, sehingga akan cepat habis.

Meski fitur ini sangat berguna, jika tak ingin baterai ponselmu cepat habis apalagi saat listrik padam, sebaiknya matikan saja. Kendati demikian, kamu bisa mengaktifkannya ketika membutuhkan atau jika terjadi sesuatu yang penting saja.

3. Mematikan Data Seluler dan Wifi Ampuh Banget Buat Hemat Baterai Ponsel


Mematikan Data Seluler dan Wifi Ampuh Banget Buat Hemat Baterai Ponsel

Langkah berikutnya yang hendaknya kamu lakukan jika ingin menghemat baterai ponsel adalah dengan mematikan koneksi data seluler atau jaringan Wifi. Karena cara ini ampuh banget untuk menghemat baterai, terutama saat listrik padam dan tak kunjung menyala.

Mematikan data seluler atau Wifi tentu akan menghentikan aktivitasmu menjalankan internet. Namun jika kamu terus mengaktifkan fitur ini, baterai ponselmu akan cepat habis karena terus terhubung ke internet.

Jika tak ingin sepenuhnya lepas dari internet, kamu bisa menyalakan data seluler secara berkala di saat-saat penting saja. Selebihnya kamu bisa mengakses konten atau layanan yang mendukung koneksi offline. Selain itu, kamu juga masih bisa menerima, membuat panggilan telepon atau melakukan SMS.

4. Matikan Notifikasi dan Fitur Auto-Sync Jika Ingin Baterai Ponsel Lebih Hemat Ketika Listrik Padam


Matikan Notifikasi dan Fitur Auto-Sync Jika Ingin Baterai Ponsel Lebih Hemat Ketika Listrik Padam

Di antara fitur ponsel pintar yang sangat menyedot daya baterai adalah notifikasi dan Auto-Sync. Karena melalui notifikasi pengguna akan diberikan informasi jika ada hal penting yang perlu diketahui, sehingga secara otomatis fitur ini akan selalu memperbarui berita atau sekedar pesan masuk. Di sisi lain, fitur Auto-Sync biasanya bermanfaat untuk mengecek apakah ada informasi baru dari aplikasi yang terpasang, misal untuk mengecek email secara berkala atau notifikasi dari aplikasi sosial media.

Karena itulah, kamu sebaiknya menonaktifkan kedua fitur ini jika ingin menghemat baterai saat listrik padam. Kamu bisa mematikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang sekiranya tidak begitu dibutuhkan. Untuk mengakses izin notifikasi, kamu bisa mengunjungi menu "Pengaturan" pada ponsel lalu pergi ke menu "Notifikasi Aplikasi".

Sedangkan untuk menonaktifkan fitur Auto-Sync, kamu juga bisa mengunjungi menu "Pengaturan" lalu mencari fitur Auto-Sync di dalamnya. Dengan demikian, baterai ponsel kamu akan jauh lebih hemat.

5. Mati Lampu? Aktifkan Saja Mode Power Saving Buat Hemat Baterai Ponsel


Mati Lampu? Aktifkan Saja Mode Power Saving Buat Hemat Baterai Ponsel

Ada salah satu fitur di ponsel pintar yang super ampuh untuk menghemat daya baterai ponsel, yakni Mode Power Saving. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur aplikasi yang bisa berjalan di beranda agar baterai ponsel tetap hemat.

Jika mengaktifkan fitur ini, kamu tidak akan bisa mengakses beberapa fitur, tapi tetap saja cara ini akan sangat ampuh untuk menghemat daya baterai. Pasalnya, fitur ini akan membatasi kinerja prosesor dan menurunkan tingkat kecerahan layar.

Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir ketinggalan informasi penting. Pasalnya Mode Power Saving akan tetap aktif untuk menjalankan berbagai fitur penting, seperti telepon, SMS, internet dan sebagainya. Oleh karena itu, manfaatkan saja fitur Mode Power Saving untuk menghemat baterai ponsel saat listrik padam.

6. Batasi Penggunaan Aplikasi di Background Agar Daya Baterai Ponselmu Tetap Terjaga Saat Listrik Padam


Batasi Penggunaan Aplikasi di Background Agar Daya Baterai Ponselmu Tetap Terjaga Saat Listrik Padam

Aplikasi di ponsel akan tetap aktif di background walaupun sudah dikeluarkan. Untuk itu, kalian bisa membatasi penggunaan aplikasi tertentu agar tidak terus berjalan di background. Caranya cukup mudah, pertama-tama masuk saja ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dibatasi, pilih Baterai dan terakhir pilih opsi Restrict in the Background.

Selain itu, hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menghemat daya baterai adalah jangan menggunakan aplikasi secara bersamaan dan membiarkannya tetap berjalan di background. Kegiatan ini memang akan memudahkan pengguna untuk kembali ke aplikasi-aplikasi yang dibuka sebelumnya, tapi hal ini akan sangat menguras daya baterai.

Karena itu, untuk menghindari pemborosan baterai, tutup aplikasi yang tidak digunakan dan hindari menekan tombol "Home". Sebagai gantinya, kamu bisa menekan tombol "Recent Apps atau "Task Manager" dan sejenisnya untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai dan masih berjalan di memori ponsel.

7. Jangan Gunakan Widget dan Live Wallpaper Jika Ingin Menghemat Baterai Ponsel Saat Listrik Padam


Jangan Gunakan Widget dan Live Wallpaper Jika Ingin Menghemat Baterai Ponsel Saat Listrik Padam

Memasang live wallpaper memang cukup menarik dan menyejukkan mata. Namun, fitur ini akan meningkatkan prosesor, sehingga menyebabkan daya baterai akan cepat terkuras.

Sama halnya jika menggunakan berbagai macam widget. Pasalnya, fitur ini membutuhkan update data dari internet yang otomatis akan menyedot daya baterai. Karena itu, mengaktifkan dua fitur ini saat ingin menghemat baterai ponsel bukanlah pilihan yang tepat.

Selain itu, kalian juga bisa mengurangi waktu kunci layar untuk menghemat baterai. Sebab semakin cepat layar kalian terkunci dan tidak menyala, maka daya baterai kalian akan semakin awet. Karena itu, kalian bisa mengatur waktu kunci layar sesingkat mungkin, misalnya 15 detik saja.

8. Gunakan Aplikasi Ponsel yang Bebas Iklan Jika Ingin Batasi Penggunaan Daya Baterai


Gunakan Aplikasi Ponsel yang Bebas Iklan Jika Ingin Batasi Penggunaan Daya Baterai

Nah, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya baterai saat listrik padam adalah dengan menggunakan aplikasi yang bebas iklan. Pasalnya, untuk menampilkan iklan, ponsel akan membutuhkan tenaga ekstra, sehingga akan menguras penggunaan data dan daya baterai.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bebas iklan atau aplikasi berbayar untuk menghindari iklan yang mengganggu sekaligus menguras daya baterai. Langkah ini cukup jitu loh jika kamu lakukan saat listrik padam untuk menghemat daya baterai.

Demikian delapan tips untuk menghemat baterai ponsel saat terjadi listrik padam yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kalian ingin mengetahui beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk mahasiswa, simak artikelnya di sini. Selain itu, kalian juga bisa melihat artikel ini untuk mengetahui beberapa tips untuk mengatasi android lemot.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait