Bisa Sehatkan Jantung hingga Paru-Paru, Ini 8 Manfaat Tidur Miring ke Kanan yang Jarang Diketahui
Health

Salah satu posisi tidur yang dianjurkan adalah miring ke kanan. Hal ini disebabkan karena posisi tersebut memiliki banyak dampak positif untuk kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Tidur merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Setelah lelah karena beraktivitas seharian, tubuh manusia perlu diistirahatkan untuk mengembalikan energi yang terbuang. Dengan demikian, manusia akan segar kembali untuk beraktivitas di hari berikutnya.

Pada dasarnya, manusia tidak menyadari gerakan apa yang dilakukannya saat tidur. Padahal, posisi tidur juga sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur dan kesehatan tubuh.


Salah satu posisi tidur yang paling dianjurkan adalah miring ke kanan. Karena menurut penelitian para ahli, posisi ini disebut-sebut memiliki banyak dampak positif untuk kesehatan.

Nah mau tahu manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan jika tidur miring ke kanan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kamu Bisa Mengistirahatkan Otak Kiri Jika Tidur Miring ke Kanan


Kamu Bisa Mengistirahatkan Otak Kiri Jika Tidur Miring ke Kanan

Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Otak bagian kiri adalah sumber penggerak saraf bagian kanan. Dan umumnya, manusia menggunakan bagian tubuh sebelah kanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Karena itu, dengan tidur miring ke kanan, maka otak bagian kiri akan mensarafi segala aktivitas organ tubuh bagian kanan. Sehingga, kamu akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang menurun saat tidur.

Dengan demikian, kamu akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya. Misalnya stroke yang disebabkan karena pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi dan penyempitan pembuluh darah. Karena itu, mulai ubah kebiasaan tidurmu sekarang ya.

2. Ingin Mengurangi Beban Jantung? Tidur Miring ke Kanan Saja


Ingin Mengurangi Beban Jantung? Tidur Miring ke Kanan Saja

Nah, manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika tidur miring ke kanan adalah dapat mengurangi beban jantung. Kok bisa? Iya, karena posisi ini akan membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan atau bawah.

Hal ini akan menyebabkan aliran darah yang masuk dan keluar dari jantung menjadi lebih rendah. Kondisi ini akan menyebabkan denyut jantung melambat dan menurunkan tensi darah.

Selain itu, tidur miring ke kanan akan membuat jantung tidak tertimpa organ lain karena posisinya yang lebih condong ke sebelah kiri. Karena itu, kondisi berbeda akan terjadi jika kamu tidur miring ke kiri.

3. Istirahatkan Lambungmu Setelah Bekerja Seharian dengan Tidur Miring ke Kanan


Istirahatkan Lambungmu Setelah Bekerja Seharian dengan Tidur Miring ke Kanan

Lambung manusia layaknya tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap ke arah kanan bawah. Sehingga jika kamu tidur menghadap ke kiri, maka hal tersebut akan memperlambat proses pengeluaran chime (makanan yang telah dicerna lambung bercampur dengan asam lambung). Hal ini akan menyebabkan pengosongan lambung akan terganggu.

Jika kamu terus tidur miring ke kiri, maka hambatan tersebut akan meningkatkan akumulasi asam yang menyebabkan erosi di dinding lambung. Kondisi ini tentu akan sangat bahaya untuk kamu yang menderita penyakit maag. Karena itu, mulai sekarang ada baiknya untuk tidur miring ke kanan ya.

4. Tidur Miring ke Kanan Rupanya Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru Loh


Tidur Miring ke Kanan Rupanya Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru Loh

Paru-paru manusia adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Bagian kiri paru-paru sendiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Karena itu, tidur dengan posisi miring ke kanan akan membuat posisi jantung condong ke sebelah kanan.

Hal ini tidak akan mengganggu paru-paru sebelah kanan karena bentuknya yang lebih besar. Tapi lain halnya jika kamu tidur miring ke sebelah kiri. Sebab jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil daripada jantung, yang tentunya tidak baik untuk paru-paru kamu. Karena itu, jika ingin menjaga kesehatan paru-paru, usahakan untuk tidur miring ke kanan mulai sekarang.

5. Kamu Susah Buang Air Besar? Atasi Saja dengan Tidur Miring ke Kanan


Kamu Susah Buang Air Besar? Atasi Saja dengan Tidur Miring ke Kanan

Apakah selama ini kamu merasa susah buang air besar? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan posisi tidur kamu. Misalnya kamu sering tengkurap atau telentang saat tidur. Jika ingin mengatasi masalah ini, kamu bisa mulai dengan memperbaiki posisi tidurmu, yakni dengan miring ke kanan.

Karena jika kamu tidur miring ke kanan, maka proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) yang menampung sisa pencernaan dan zat yang tidak digunakan oleh tubuh akan berlangsung lebih cepat. Usus besar sigmoid yang penuh akan merangsang gerak usus besar yang diikuti dengan relaksasi dari otot anus, sehingga buang air besar akan berjalan dengan lancar.

6. Tidur Miring ke Kanan Bisa Melancarkan Sistem Pernafasan


Tidur Miring ke Kanan Bisa Melancarkan Sistem Pernafasan

Tanpa kita sadari, saat tidur lidah bisa saja jatuh ke belakang hingga mendekati tenggorokan yang dapat menghambat proses pernafasan. Kondisi ini sendiri sering terjadi pada mereka yang tidur dengan posisi telentang.

Dan rupanya kondisi ini merupakan penyebab utama seseorang mendengkur saat tidur. Mendengkur saat tidur sendiri bisa sangat berbahaya, karena tubuh kita akan kekurangan oksigen, terkadang menyebabkan berhentinya nafas selama beberapa detik yang kemudian membuatmu bangun secara tiba-tiba.

Selain itu, mendengkur juga akan mengganggu kualitas tidur, karena menghabiskan banyak oksigen yang menyebabkan kamu merasa pusing saat bangun. Untuk mengatasinya, cukup perbaiki posisi tidur kamu dengan miring ke kanan. Dengan demikian, tidurmu akan lebih tenang dan berkualitas, karena saluran pernafasan tidak akan tertutup oleh lidah.

7. Saat Tidur Miring ke Kanan, Penyerapan Zat Gizi Akan Lebih Optimal


Saat Tidur Miring ke Kanan, Penyerapan Zat Gizi Akan Lebih Optimal

Pergerakan usus akan meningkat ketika seseorang sedang tidur. Jika kamu tidur miring ke kanan, maka perjalanan makanan yang telah dicerna dan zat-zat yang berguna bagi tubuh siap diserap akan berjalan dengan lebih lambat. Hal ini disebabkan karena posisi usus halus dan usus besar berada di bagian bawah.

Waktu yang lama selama tidur akan memungkinkan zat gizi yang berada dalam makanan yang kamu konsumsi akan terserap secara optimal. Sehingga lemak yang akan kamu tumpuk juga menjadi lebih sedikit, karena badan telah memaksimalkan penyerapan zat dan gizi yang terkandung dalam makanan. Karena itu, jika kamu tidur miring ke kanan, maka penyerapan zat gizi akan lebih optimal.

8. Istirahatkan Kaki Kirimu Setelah Beraktivitas Seharian dengan Tidur Miring ke Kanan


Istirahatkan Kaki Kirimu Setelah Beraktivitas Seharian dengan Tidur Miring ke Kanan

Nah, manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika tidur miring ke kanan adalah kemampuan untuk mengistirahatkan kaki kiri. Kenapa kaki kiri, bukan kaki kanan? Karena kebanyakan orang menggunakan kaki kanannya untuk beraktivitas dan kaki kiri biasanya digunakan untuk menyeimbangkan posisi kaki kanan yang banyak bergerak sebagai tumpuan beban.

Karena itu, tidak heran jika kita merasa kalau kaki kiri lebih mudah capek daripada kaki kanan. Selain itu, kaki juga merupakan bagian bawah tubuh yang peredaran darahnya memakan waktu lebih lama untuk kembali. Karena itu, dengan tidur miring ke kanan, vena kaki kiri bisa dengan cepat dikosongkan, jadi kaki kiri bisa beristirahat dan pegal-pegal pun akan hilang.

Demikian delapan manfaat yang akan kamu dapatkan jika tidur miring ke kanan. Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan otak, simak saja 10 kebiasaan mudah ini untuk kamu lakukan setiap hari. Dan kamu sebaiknya tidur dengan teratur mulai sekarang, karena jika tidak, 8 bahaya ini siap mengintaimu.

You can share this post!

Related Posts
Loading...