7 Makanan Ini Baik Banget Dikonsumsi Saat Haid, Bisa Redakan Nyeri Sampai Bikin Mood Naik!
Health

Rupanya ada beberapa makanan yang bisa kalian konsumsi yang berguna banget saat kalian haid loh. Beberapa makanan ini memiliki kandungan yang diperlukan tubuh selama haid.

WowKeren - Bagi wanita dewasa menstruasi bukanlah hal yang aneh lagi. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan.

Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, endometrium akan mengalami peluruhan dan keluar bersama darah melalui vagina. Siklus ini berjalan sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertama menstruasi, hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba.


Namun datangnya haid atau menstruasi terkadang menjadi halangan wanita untuk beraktivitas. Karena proses peluruhan tersebut terkadang wanita akan mengalami nyeri perut yang luar biasa. Bahkan tak jarang banyak wanita yang sampai tak kuat untuk beraktivitas lantaran siklus bulanan ini.

Namun rupanya ada beberapa makanan yang bisa kalian konsumsi yang berguna banget saat kalian haid loh. Beberapa makanan ini memiliki kandungan yang diperlukan tubuh selama haid. Tak hanya itu, beberapa makanan ini juga ternyata bisa mengurangi efek nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi. Penasaran? Berikut tim WowKeren rangkum 7 makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Yuk disimak!

1. Saat Haid Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi


Saat Haid Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Zat Besi

Saat haid kalian pasti akan banyak mengeluarkan darah sehingga rentan terkena anemia. Untuk mengatasi risiko terkena anemia, ada baiknya perbanyak konsumsi makanan yang dipenuhi dengan kandungan zat besi di dalamnya. Hal ini karena zat besi berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan bersama dengan sel darah merah.

Contoh makanan yang kaya zat besi adalah daging merah, sayuran hijau, susu dan gandum. Jangan remehkan anemia saat haid karena jika dibiarkan saja tanpa diobati, permasalahan kesehatan yang serius dapat muncul. Beberapa kondisi anemia, seperti anemia turunan, dapat juga bersifat membahayakan nyawa jika kondisi ini menjadi parah loh.

2. Konsumsi Makanan Kaya Rempah-rempah Juga Baik Ketika Sedang Haid


Konsumsi Makanan Kaya Rempah-rempah Juga Baik Ketika Sedang Haid

Rempah-rempah tradisional Indonesia seperti kunyit dan jahe merupakan salah satu bahan yang baik untuk meredakan nyeri saat haid. Sudah banyak jamu tradisional yang menggunakan rempah-rempah ini sebagai pereda nyeri haid.

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan jahe. Jahe diketahui memiliki sifat anti radang yang ampuh meredakan sakit perut pada saat atau sebelum menstruasi. Untuk menggunakan jahe, kalian bisa merebus jahe dengan teh atau tambahkan jahe pada makanan favorit kalian. Intip juga cara mengatasi nyeri haid tanpa obat-obatan di sini.

3. Makanan Kaya Serat Seperti Sayur Atau Buah Juga Bermanfaat Banget Saat Haid


Makanan Kaya Serat Seperti Sayur Atau Buah Juga Bermanfaat Banget Saat Haid

Saat haid kalian disarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Hal ini karena makanan yang mengandung serat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah kalian.

Jika gula darah seimbang, maka nafsu makan juga jadi lebih terkontrol. Ini akan membuat kalian tidak "kalap" saat makan ketika haid. Perbanyak makan sayur dan buah yang kaya serat juga bisa membantu proses pencernaan yang terganggu saat menstruasi. Konsumsi serat yang cukup untuk menghindari sembelit atau kembung di saat haid.

4. Makanan Yang Tidak Mengandung Banyak Garam Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid


Makanan Yang Tidak Mengandung Banyak Garam Bisa Mengurangi Nyeri Saat Haid

Biasanya keinginan untuk nyemil saat haid menjadi lebih besar. Para wanita akan cenderung makanan makanan ringan seperti keripik kentang dan makanan ringan lain. Hal ini ternyata tidak baik untuk kesehatan karena makanan ringan tersebut mengandung banyak garam.

Hal ini karena mengkonsumsi makanan dengan kadar natrium tinggi akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Alih-alih konsumsi cemilan yang mengandung garam berlebihan, cobalah menggantinya dengan kentang goreng tanpa bumbu atau cemilan sehat lainnya.

5. Sering-seringlah Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi Karena Sangat Bermanfaat


Sering-seringlah Konsumsi Makanan Berkalsium Tinggi Karena Sangat Bermanfaat

Jika kalian mengalami nyeri haid, cobalah atasi dengan konsumsi makanan berkalsium tinggi. Hal ini karena beberapa penelitian menunjukkan, kalsium dapat mengurangi nyeri haid loh. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam tubuh bisa memperkecil kemungkinan kamu mengalami nyeri yang tidak nyaman.

Selain itu, kalsium juga dapat mengurangi gejala kemurungan dan depresi yang dirasakan saat haid loh.Pilihlah makanan yang mengandung kalsium vitamin D yang rendah lemak. Beberapa diantaranya adalah produk susu, sayuran hijau, tahu, atau makanan lainnya.

6. Konsumsi Kacang-kacangan Bisa Jadi Cemilan Sehat Saat Haid


Konsumsi Kacang-kacangan Bisa Jadi Cemilan Sehat Saat Haid

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur banyak mengandung vitamin E bisa mencegah pusing akibat menstruasi loh. Bukan hanya sebagai antioksidan, vitamin E juga mampu memperbaiki kerusakan sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh, serta menjaga sistem imun.

Riset yang dimuat oleh British Journal of Obstetrics and Gynaecolgy juga membuktikan kalau dengan mengkonsumsi vitamin E minimal 400IU secara rutin saat haid mampu mengurangi rasa sakit akibat kram perut dan meminimalisir terjadinya kekurangan darah pada tubuh. Selain enak, konsumsi kacang-kacangan ternyata juga bisa menjadi cemilan sehat saat haid ya.

7. Ikan Yang Kaya Omega 3 Terbukti Bisa Ringankan Kram Perut Saat Haid


Ikan Yang Kaya Omega 3 Terbukti Bisa Ringankan Kram Perut Saat Haid

Ikan banyak mengandung asam lemak omega 3. Kandungan ini merupakan salah satu zat anti inflamasi yang bisa meringankan kram saat menstruasi. Selain itu, omega 3 juga dapat memperlancar haid loh.

Asam lemak omega 3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengkonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi. Pilihlah ikan salmon, teri, forel, atau sarden segar yang tentunya kaya akan zat omega 3 ya. Simak juga beberapa makanan yang buruk dikonsumsi saat haid di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...