Berani Lawan Ketidakadilan, Baiq Nuril Diganjar Penghargaan Tasrif Award dari AJI
Nasional

Tasrif Award sendiri diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen sebagai upaya mendorong kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan nilai-nilai keadilan serta demokrasi di Indonesia.

WowKeren - Baiq Nuril dianugerahi penghargaan Tasrif Award 2019 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia. Pasalnya, mantan pegawai honorer di SMAN 7 Mataram tersebut dinilai telah berjuang melawan ketidakadilan yang dialaminya.

"Dewan Juri menilai Baiq Nuril yang merupakan korban pelecehan seksual telah berani, teruji komitmen, dan integritasnya dalam melawan ketidakadilan," demikian kutipan keterangan AJI pada Rabu (7/8). "Dan menegakkan demokrasi."


Tasrif Award sendiri diberikan sebagai upaya mendorong kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan nilai-nilai keadilan serta demokrasi di Indonesia. Kasus Baiq Nuril ini dinilai memiliki dampak sosial, politik, dan hukum yang luas.

Sementara itu, Baiq Nuril mengaku senang telah mendapat penghargaan Tasrif Award dari AJI. Menurut Baiq Nuril, Tasrif Award dan juga amnesti dari Presiden Joko Widodo adalah perjuangan perempuan, dan bukan hanya dirinya saja.

"Berani bersuara melawan segala bentuk kekerasan seksual yang dialami," tutur Baiq Nuril di Malam Resepsi Ulang Tahun ke-25 AJI di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Rabu malam. "Untuk AJI selalu mendukung saya sehingga saya diberikan amnesti, terima kasih yang sebesar besarnya, tidak pernah lelah untuk memberikan dukungan kepada saya."

Sebelumnya, Baiq Nuril telah menerima amnesti atau pengampunan dari Jokowi. Sang Presiden menandatangani amnesti Baiq Nuril pada 29 Juli 2019.

Diketahui, Baiq Nuril sebelumnya divonis 6 bulan penjara lantaran peninjauan kembali (PK) kasusnya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). Baiq Nuril dihukum 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta karena dianggap menyebarkan rekaman percakapannya dengan Muslim, mantan kepala sekolah tempat ia bekerja, yang diduga melecehkannya secara seksual verbal.

Setelah itu, Baiq Nuril pun mengajukan permohonan amnesti kepada Jokowi lewat surat yang ditulisnya sendiri. Jokowi lantas mengirimkan permohonan amnesti Baiq Nuril ke DPR yang telah disetujui pada Kamis (25/7).

You can share this post!

Related Posts