8 Aplikasi Ini Berguna Banget Untuk Mendaki Gunung, Bisa Ramal Cuaca Sampai Pilih Rute Paling Aman!
Tekno

Berikut ini ada 8 macam aplikasi yang berguna banget digunakan saat kalian mendaki gunung. Dengan maraknya pendaki gunung yang masih pemula, aplikasi ini menjadi wajib, bahkan untuk para profesional sekalipun.

WowKeren - Mendaki gunung adalah salah satu olahraga ekstrem yang kini berubah menjadi aktivitas wisata populer. Terlepas dari banyaknya kasus karena kecerobohan pendaki, kegiatan ini sangat memerlukan fisik dan persiapan yang matang.

Tak heran jika mendaki gunung identik dengan aktivitas yang menyehatkan. Usut punya usut, satu jam trekking di kawasan pegunungan ternyata dapat membakar lebih dari 500 kalori loh. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mendaki gunung dapat menjadi terapi tambahan dan membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa.


Namun selain bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental, mendaki gunung tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus ada persiapan matang sebelum mendaki gunung agar kalian bisa merasakan manfaat yang diberikan.

Nah berikut ini ada 8 macam aplikasi yang berguna banget digunakan saat kalian mendaki gunung. Dengan maraknya pendaki gunung yang masih pemula, aplikasi ini menjadi wajib, bahkan untuk para profesional sekalipun. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bug Out Bag Survival Guide Baka Bikin Kegiatan Packing Kalian Makin Mudah


Bug Out Bag Survival Guide Baka Bikin Kegiatan Packing Kalian Makin Mudah

Aplikasi pertama yang kalian perlukan adalah aplikasi yang membantu kalian untuk packing peralatan selama mendaki. Salah satu yang aplikasi yang berguna adalah Bug Out Bag Survival Guide ini. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengingat barang apa saja yang kita bawa sebelum survival dan kapan harus menambah stok barang tersebut.

Aplikasi buat naik gunung ini sangat disarankan karena kadang banyak orang yang lupa barang mana yang akan habis, untuk meminimalisir barang yang terbuang sia-sia, pengingat riwayat penggunaan barang, dan masih banyak lagi. Selain itu, kalian juga akan terhindar dari membawa barang yang tak perlu sehingga tas ransel jadi lebih ringan.

2. Weatherbug - Forecast & Radar, Aplikasi Peramal Cuaca Yang Membantu Banget


Weatherbug - Forecast & Radar, Aplikasi Peramal Cuaca Yang Membantu Banget

Hal yang pertama kali dilakukan sebelum mendaki adalah memantau cuaca sekitar. Jangan sampai kalian nekat mendaki dalam cuaca yang buruk. Aplikasi ini berfungsi memberikan perkiraan cuaca saat ini dan beberapa hari ke depan dengan cukup akurat loh.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan petir, curah hujan, suhu lokal, angin, UV, dan masih banyak yang lainnya. Hal ini tentu mempermudah proses pendakian karena beberapa masalah yang berakibat fatal sering terjadi ketika mendaki ketika cuaca sedang buruk. Intip juga etika yang harus dipatuhi saat mendaki gunung di sini.

3. AllTrails Yang Bakal Bikin Kegiatan Mendaki Jadi Lebih Mudah


AllTrails Yang Bakal Bikin Kegiatan Mendaki Jadi Lebih Mudah

AllTrails merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi yang wajib untuk kalian miliki ketika mendaki gunung. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mempermudah kalian untuk menentukan rute pendakian. Hal ini karena aplikasi ini menyediakan sebanyak lebih dari 50 ribu rekam perjalanan dari seluruh dunia yang disimpan di dalam database miliknya.

Sebagaimana aplikasi tracking lainnya, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur spesial. Di antaranya seperti GPS tracking dan real time tracking. Aplikasi ini juga dapat kalian gunakan untuk melacak dan mengetahui jarak tempuh ketika sedang melakukan penjelajahan di suatu gunung loh.

4. Flashlight Yang Wajib Banget Digunakan Saat Mendaki Gunung


Flashlight Yang Wajib Banget Digunakan Saat Mendaki Gunung

Saat kalian mendaki gunung, tentu saja akan minim asupan listrik yang membuat keadaan jadi gelap gulita saat malam. Di saat seperti itu, kalian harus membawa senter agar pengelihatan tetap terjaga meskipun di malam hari. Senter tentu saja lebih baik dibawa bentuk aslinya ketimbang aplikasi.

Namun enggak ada salahnya mengunduh aplikasi senter ini untuk kejadian yang enggak terduga. Apalagi dalam beberapa aplikasi senter ini terdapat fitur sebagai pengirim isyarat SOS atau bahaya. Bahkan da beberapa aplikasi Flashlight yang sudah dibekali kompas dan pengaturan frekuensi untuk menyesuaikan kebutuhan loh.

5. Rencanakan Jalur Pendakian Dengan Aplikasi Viewranger


Rencanakan Jalur Pendakian Dengan Aplikasi Viewranger

Aplikasi Viewranger ini memang sudah cukup populer untuk para pendaki gunung baik yang pemula atau profesional loh. Viewranger ini dijamin bakal membantu kalian dalam merencanakan pendakian, menavigasi perjalanan, merekam dan membagi perjalanan outdoor kalian ke sesama pendaki gunung.

Selain itu, aplikasi ini bahkan juga mengklaim dapat membantu para regu penolong untuk menemukan para pendaki yang tersesat karena sistem GPSnya. Kelebihannya, aplikasi ini bisa digunakan untuk keadaan offline, sehingga kalian tetap bisa mendaki dengan aman dan nyaman meski tanpa sinyal.

6. Peakfinder Bakal Bikin Kalian Enggak Bingung Lagi Cari Puncak Gunung Incaran


Peakfinder Bakal Bikin Kalian Enggak Bingung Lagi Cari Puncak Gunung Incaran

Buat kalian yang ingin mendaki gunung demi mengincar puncak idaman, enggak ada salahnya buat install Peakfinder ini. Sesuai namanya, aplikasi Peakfinder berfungsi untuk menemukan ujung puncak gunung yang kalian incar.

Cara pakainya juga gampang banget, yakni kalian cukup mengarahkan kamera pada puncak incaran dan kalian bakal mengetahui nama gunung yang kamu lihat. Aplikasi ini juga bisa berfungsi secara offline jadi kalian enggak perlu cemas dengan sinyal yang susah apabila kamu berada di gunung ataupun hutan.

7. Medical Plants & Herbs Bakal Membantu Banget Saat Keadaan Darurat


Medical Plants & Herbs Bakal Membantu Banget Saat Keadaan Darurat

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk memberi tahu kalian tanaman mana yang bisa dijadikan obat bilamana keadaan sedang terdesak dan sulit untuk menemukan pemukiman. Kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman di sekitar tersebut tanpa perlu takut akan beracun.

Dalam aplikasi ini ada ribuan daftar nama tanaman yang lengkap dengan berbagai jenis khasiatnya untuk kesehatan. Selain itu, kadang kita tidak tau tanaman mana yang berfungsi menyembuhkan sesuatu, nah aplikasi ini juga dilengkapi dengan foto serta ciri-ciri dari tanaman tersebut agar kalian mudah mengenalinya.

8. First Aid by Red Cross Bakal Bikin Pendakian Jadi Tenang Dan Aman


First Aid by Red Cross Bakal Bikin Pendakian Jadi Tenang Dan Aman

Nah aplikasi yang satu ini sebenarnya enggak hanya cocok digunakan untuk pendakian saja namun juga semua orang. Benar sekali, First Aid ini merupakan aplikasi pertolongan pertama ini merupakan sangat berguna karena berisi fitur tentang informasi keamanan dan nasihat dari para profesional di setiap keadaan darurat.

Kejadian yang enggak terduga sering terjadi saat pendakian, terlebih lagi lokasi yang berada di tengah hutan membuat kita susah meminta pertolongan. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengetahui tindakan mana saja yang harus dilakukan saat mengalami kecelakaan. Intip juga tip mendaki untuk pemula di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait