Lembaga Survei Sebut 42,8 Persen Responden Setuju Jokowi Gandeng Prabowo di Pemerintahan
Nasional

Lembaga Survei Cyrus Network telah melakukan survei Nasional Pasca Pemilu 2019. Dari hasil survei tersebut disebutkan jika 42,8 persen responden setuju Jokowi gandeng Prabowo di pemerintahan.

WowKeren - Lembaga Survei Cyrus Network baru saja merilis hasil temuan dari survey nasional persepsi publik dalam penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 serta rekonsiliasi nasional.

Survei tersebut digelar sejak tanggal 22 hingga 28 Juli 2019. Dari survei tersebut ada sekitar 63 persen responden yang mengapresiasi pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada awal Juli lalu.

"Sebanyak 63 persen publik menganggap itu merupakan langkah untuk rekonsiliasi bangsa dan bukan untuk sekadar bagi-bagi kekuasaan atau jabatan," ujar Managing Director Cyrus Network, Eko Dafid Alfianto saat ditemui di Ashley Hotel, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (9/8).

Dalam survei yang dirilis tersebut dijabarkan bahwa 57,5 persen responden yakin pertemuan yang digelar pada 13 Juli lalu dilakukan untuk tujuan rekonsiliasi dan persatuan. Sementara sebanyak 9,2 responden menyebut pertemuan dua tokoh ini bertujuan negosiasi dan bagi-bagi jabatan serta kekuasaan.


Sisanya, ada 3,3 persen responden menyebut ketidakkonsistenan dalam perjuangan, dan sebanyak 28,9 persen responden yang tidak mau menjawab.

Cyrus Network juga menemukan jika sebanyak 42,8 persen responden menyetujui jika seandainya Jokowi mengajak Prabowo bergabung dalam pemerintahan. Sedangkan ada 22,3 persen yang menyebutkan jika Prabowo tak perlu diajak dan sisanya tak mau menjawab.

"Dari hasil survei dapat dilihat jika sebagian besar publik merasa lelah dengan pembelahan politik hingga fragmentasi sosial yang timbul akibat kompetisi dalam politik sepanjang 2018-2019 ini," kata Eko.

Tak hanya itu, Eko juga menyebutkan jika pada hasil survei tersebut ada temuan tentang penerimaan publik yang tinggi agar partai politik pengusung Prabowo-Sandi di Pilpres bergabung dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Dalam temuan tersebut terdapat sekitar 43-51 persen publik yang menyarankan agar partai Gerindra, PAN, Demokrat, dan PKS bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi.

Sekedar informasi, Cyrus Network telah menggelar survei Nasional Pasca Pemilu pada 22-28 Juli 2019. Survei ini mengambil sampel sebanyak 1.230 responden dari 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait