Jarang Disadari, 10 Kebiasaan Sepele Saat Menstruasi Ini Rupanya Bisa Membahayakan Kesehatan
Health

Tidak sedikit wanita yang melakukan berbagai kebiasaan buruk pada saat menstruasi yang justru berakibat buruk pada kesehatan. Nah mau tahu kebiasaan apa saja yang hendaknya kamu hindari? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Menstruasi adalah siklus bulanan yang tidak bisa dihindari wanita. Saat sedang menstruasi, hari-hari wanita biasanya akan sedikit menantang. Pasalnya, dia akan merasakan berbagai emosi dan rasa sakit.

Mulai dari rasa nyeri di perut hingga suasana hati yang naik turun. Karena berbagai ketidaknyamanan ini, berbagai aktivitasnya pun kerap terganggu. Alhasil, kebanyakan wanita kerap melakukan kebiasaan buruk yang malah bisa membahayakan kesehatan.


Padahal, kebiasaan buruk jadi salah satu hal yang harus kita hindari. Sebab kita tak ingin mengambil risiko akan sesuatu yang bisa membahayakan kesehatan kita. Namun sayangnya, masih ada banyak wanita yang tidak menyadari jika mereka telah melakukan berbagai tindakan yang justru akan membahayakan kesehatannya saat menstruasi.

Nah mau tahu kebiasaan buruk apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan pada saat menstruasi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Jarang Mengganti Pembalut Saat Menstruasi Bisa Mengundang Berbagai Penyakit Loh


Jarang Mengganti Pembalut Saat Menstruasi Bisa Mengundang Berbagai Penyakit Loh

Saat menstruasi, wanita harusnya selalu menjaga kebersihan organ intimnya. Tapi beberapa wanita kadang menganggap sepele hal ini dan jarang banget mengganti pembalut. Padahal, pembalut yang sudah penuh dengan darah haid sangat rentan terkena kuman dan bakteri.

Karena itu, jika kamu jarang mengganti pembalut dan bahkan menggunakannya sampai seharian, hal ini berisiko mengundang berbagai penyakit di bagian reproduksi kamu. Selain itu, pembalut yang sering bocor karena sudah tidak dapat menampung darah, tentunya akan menimbulkan radang pada organ reproduksi kamu. Radang pada organ reproduksi ini ditandai dengan munculnya bintik merah, basah, rasa gatal, perih dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Jangan Terlalu Menuruti Emosi yang Naik Turun Saat Menstruasi, Sangat Tidak Baik!


Jangan Terlalu Menuruti Emosi yang Naik Turun Saat Menstruasi, Sangat Tidak Baik!

Ketika seorang wanita sedang menstruasi, tentunya dia akan mengalami penurunan hormon estrogen dan juga progesteron. Ketika kedua hormon ini menurun, maka emosimu tidak stabil, sehingga akan sangat mempengaruhi mood kamu. Karena itu, tidak heran jika wanita yang sedang menstruasi akan tiba-tiba merasa bahagia, marah, sedih atau bahkan kesal.

Sayangnya, ada banyak wanita yang menuruti perubahan emosinya ini. Hal ini tentunya akan membuat perasaanmu jadi semakin tidak karuan dan bisa berdampak pada orang-orang di sekitarmu. Karena itu, alangkah baiknya jika kamu mencoba melampiaskan emosimu pada hal-hal yang positif, seperti berolahraga, membaca buku, berjalan-jalan dan sebagainya.

3. Kamu Sering Begadang? Hentikan Kebiasaan Ini Mulai Sekarang, Terlebih Saat Menstruasi


Kamu Sering Begadang? Hentikan Kebiasaan Ini Mulai Sekarang, Terlebih Saat Menstruasi

Apakah kamu sering banget begadang? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai sekarang, terlebih saat kamu sedang menstruasi. Pasalnya saat menstruasi, tidur yang cukup merupakan cara yang terbaik untuk mengembalikan sistem metabolisme tubuh, mengurangi nyeri, memperbaiki suasana hati serta menghindarkan tubuh dari peradangan dan juga stres.

Karena itu, sistem imun tubuh dan suasana hati akan terganggu jika wanita sering begadang pada saat menstruasi. Dengan demikian, usahakan untuk menjaga kualitas tidurmu saat menstruasi ya, usahakan kamu tidur hingga delapan jam setiap harinya. Jika tidak, maka kamu juga berisiko akan terkena berbagai bahaya ini.

4. Jangan Terlalu Banyak Minum Susu Saat Menstruasi, Bisa Kram Perut!


Jangan Terlalu Banyak Minum Susu Saat Menstruasi, Bisa Kram Perut!

Susu memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena mengandung banyak protein dan juga kalsium. Tapi jika kamu mengkonsumsi susu secara berlebihan saat menstruasi, kamu berisiko terserang kram pada perut karena asam arakidonat yang memproduksi prostaglandin.

Selain itu, terkadang beberapa produk susu mengandung arachadonic acids yang menyebabkan nyeri pada perut dan juga kram. Tapi jika kalian ingin minum susu saat menstruasi, alangkah baiknya kamu memilih susu almond atau susu murni yang bisa membuat tubuh lebih nyaman.

5. Sebaiknya Jangan Lewatkan Olahraga Saat Menstruasi, Agar Tubuhmu Terasa Lebih Baik


Sebaiknya Jangan Lewatkan Olahraga Saat Menstruasi, Agar Tubuhmu Terasa Lebih Baik

Ketika menstruasi, biasanya kita malas untuk melakukan berbagai kegiatan dan lebih memilih untuk beristirahat atau bermalas-malasan. Padahal saat menstruasi, hendaknya kita banyak bergerak dengan berolahraga, agar tidak memperburuk menstruasi.

Hal ini disebabkan karena olahraga dapat membantu membuatmu merasa lebih baik, mengurangi sakit kepala hingga kecemasan. Selain itu, olahraga ternyata juga bisa membuatmu terhindar dari rasa nyeri yang parah saat sedang menstruasi. Karena itu, banyak-banyaklah olahraga saat sedang menstruasi ya.

6. Awas, Terlalu Banyak Minum Soda dan Es Saat Menstruasi Bisa Menimbulkan Efek Negatif


Awas, Terlalu Banyak Minum Soda dan Es Saat Menstruasi Bisa Menimbulkan Efek Negatif

Saat sedang menstruasi, sebaiknya kamu tidak terlalu banyak minum minuman bersoda. Hal ini disebabkan karena soda mengandung kafein yang dapat memperburuk keadaan dan juga gejala tidak nyaman pada wanita saat menstruasi. Sayangnya, ada banyak wanita yang salah kaprah dengan menganggap kalau minuman bersoda dapat mempercepat siklus menstruasi. Padahal anggapan ini tidak benar sama sekali.

Selain itu, saat menstruasi hendaknya kamu membatasi minum air es. Kebiasaan satu ini sering banget diremehkan oleh wanita, padahal sudah seharusnya kita mulai memperhatikannya. Hal ini dikarenakan air es dapat menyebabkan darah tertinggal pada dinding rahim dalam kurun waktu tertentu. Darah yang menumpuk dapat berubah menjadi kista yang memicu kanker pada rahim. Bahaya banget kan?

7. Hindari Penggunaan Pembersih Vagina Saat Menstruasi Jika Tak Ingin Terkena Iritasi dan Alergi


Hindari Penggunaan Pembersih Vagina Saat Menstruasi Jika Tak Ingin Terkena Iritasi dan Alergi

Kebiasaan buruk berikutnya yang sering banget dilakukan wanita pada saat menstruasi adalah menggunakan cairan pembersih vagina, terutama yang mengandung wewangian. Sabun atau pembersih ini tentunya mengandung bahan kimia dan juga pengawet. Karena itu, jika wanita yang sedang menstruasi menggunakannya, dia berisiko terkena iritasi dan juga alergi.

Pada dasarnya, vagina wanita memiliki cairan pembersih alami yang berasal dari rahim. Dan vagina juga memiliki aroma yang khas sehingga tidak perlu diberikan pewangi lagi. Tapi jika kamu tetap ingin menggunakan pembersih, sebaiknya pilih sabun yang tidak akan mempengaruhi keseimbangan pH dan menimbulkan munculnya bakteri pada area kewanitaan. Karena itu, alangkah baiknya cairan itu mengandung povidone iodine.

8. Hati-Hati, Mengkonsumsi Makanan Asin Bisa Membuat Menstruasi Jadi Lebih Buruk


Hati-Hati, Mengkonsumsi Makanan Asin Bisa Membuat Menstruasi Jadi Lebih Buruk

Mengkonsumsi makanan asin saat menstruasi mungkin terdengar sepele. Tapi rupanya kebiasaan satu ini bisa berakibat sangat buruk. Sebab makanan asin berkontribusi pada retensi kembung yang dirasakan wanita pada saat menstruasi.

Bahkan garam dan makanan asin bisa memperburuk kram perut dan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika sedang menstruasi. Karena itu, sebaiknya konsumsi makanan asin sewajarnya saja ya saat menstruasi, karena terkadang sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

9. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Saat Menstruasi Juga Ternyata Sangat Tidak Baik


Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Saat Menstruasi Juga Ternyata Sangat Tidak Baik

Jika sebelumnya garam, maka kali ini gula. Saat menstruasi kamu mungkin merasa ingin makan makanan yang manis. Keinginan ini disebabkan karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang terjadi saat menstruasi.

Namun sebaiknya kamu tahan keinginan ini dan tidak mengkonsumsi terlalu banyak gula. Karena mengkonsumsi gula justru akan memperburuk menstruasi. Sebagai gantinya, lebih baik kamu mengkonsumsi makanan biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, buah dan sayur. Namun jika kamu tetap ingin makan sesuatu yang manis, sebaiknya makan buah-buahan seperti semangka, mangga dan jambu.

10. Minum Kopi Saat Menstruasi? Awas, Nyeri Haid Bisa Bertambah Parah Loh


Minum Kopi Saat Menstruasi? Awas, Nyeri Haid Bisa Bertambah Parah Loh

Kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Karena itu, seperti halnya soda, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein saat menstruasi bisa sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan nyeri menstruasi semakin parah karena perut akan menjadi kembung. Tidak hanya itu, mengkonsumsi kafein berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Demikian 10 kebiasaan sepele yang sebaiknya kamu hindari saat sedang menstruasi ya. Selain berbagai kebiasaan di atas, sebaiknya kamu juga menghindari delapan kebiasaan sepele ini, karena bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Selain itu, kamu juga hendaknya berhati-hati pada delapan kebiasaan buruk saat menggosok gigi seperti berikut ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...