Sapi Kurban Jokowi 'Melenggang' Lewati Red Carpet Sebelum Disembelih di Masjid Al-Akbar Surabaya
SerbaSerbi

Dengan demikian, hewan kurban diharap bisa merasa nyaman sebelum disembelih. Daging kurban yang dihasilkan dari hewan yang tidak stres juga akan lebih segar dan tidak cepat busuk.

WowKeren - Presiden Joko Widodo diketahui menyumbang hewan kurban ke sejumlah masjid di Indonesia. Salah satunya adalah sapi jenis Peranakan Ongole yang akan disembelih di Masjid Agung Al-Akbar, Surabaya, pada hari ini (12/8).

Panitia kurban Masjid Al-Akbar pun memperlakukan semua hewan kurban dengan istimewa sebelum disembelih, termasuk sapi kurban Jokowi. Sapi yang mencapai berat 1 ton tersebut dituntun melewati red carpet menuju tempat penyembelihan dengan tujuan agar tidak stres.

Menurut Humas Masjid Al-Akbar, Helmy M Noor, tempat penyembelihan berada di basement masjid. Tempat penyembelihan ini dihiasi dengan sekat bergambar nuansa alam dan bunga agar hewan-hewan tak merasa stres.

"Tahun ini hewan kurban masuk ke area penyembelihan melewati red carpet. Kanan kirinya banyak tanaman dan hiasan bunga," ujar Helmy dilansir Suara Surabaya pada Senin (12/8). "Yang lewat red carpet bukan hanya sapi Presiden Jokowi. Kambing dan sapi lainnya juga melewati red carpet, kemudian transit di tempat transit."


Dengan demikian, hewan kurban diharap bisa merasa nyaman sebelum disembelih. Daging kurban yang dihasilkan dari hewan yang tidak stres juga akan lebih segar dan tidak cepat busuk.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mengapa sapi stres? Karena diperlakukan tidak berperikehewanan," terang Helmy. "Jika mereka stres, dagingnya cepat busuk. Dari evaluasi banyak seminar. Jadi kami ingin semua hewan kurban baik kambing maupun sapi sejak perawatan kita perlakukan sebaik mungkin."

Tak hanya itu, tabir penyekat juga dipasang di antara ruang penyembelihan, ruang transit, ruang pencacahan, dan pengemasan. Hal ini dilakukan agar hewan kurban tak melihat langsung bagaimana teman mereka disembelih.

"Lalu ruang transit dengan ruang penyembelihan tertutup tujuannya apa agar hewan yang masuk ke ruang transit tidak melihat temannya dipotong sehingga ini akan mengurangi stres dan mempermudah proses penyembelihan," jelas Helmy. "Seperti yang kita lihat hampir semua hewan yang mau dipotong itu kan ayem-ayem, tidak mengamuk dan prosesnya cepat. Barangkali ini yang harus kami lakukan agar penyembelihannya cepat."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait