Bukan Jakarta, Indonesia Channel 2019 yang Diikuti 40 Negara Akan Diadakan di Banyuwangi
Nasional

Tahun ini Indonesia Channel akan digelar di Banyuwangi. Alasan pagelaran seni yang diikuti oleh 40 negara tersebut tidak diadakan di Jakarta agar siswa BSBI semakin mengenal dan mencintai budaya Nusantara.

WowKeren - Tahun ini Kabupaten Banyuwangi mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Pagelaran Seni Indonesia Channel (Inchan) 2019. Pagelaran seni yang di gelar oleh Kementerian Lunar Negeri ini akan diikuti oleh 72 pemuda yang berasal dari 40 negara yang merupakan peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Asisten Administrasi Pemerintahan Banyuwangi, Choiril Ustadi menyebutkan jika pagelaran Inchan 2019 ini akan dibuka pada Selasa (13/8) malam di Taman Blambangan. "Sebanyak 72 pemuda dari 40 negara sahabat, termasuk Indonesia, akan unjuk kebolehan dalam menari, bermain musik, dan melantunkan tembang tradisional dalam suguhan sendra seni budaya kolosal," ujar Choiril Ustadi saat diwanwacarai, Selasa (13/8).


Pada tahun ini Inchan akan mengangkat tema "Mosaic of Indonesia" yang merupakan representasi dari Bhinneka Tunggal Ika yang mencakup multietnis dan tradisi, multireligi dan kepercayaan, multibahasa yang berharmoni dalam payung kesatuan Indonesia.Setiap tahunnya Pagelaran Seni Indonesia Channel ini akan dilaksanakan di lokasi yang berbeda-beda. "Lokasi pelaksanaan Inchan setiap tahun selalu berubah, tidak hanya di Jakarta, namun juga ke daerah," kata Cecep Herawan selaku Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kemenlu RI.

Tujuannya adalah untuk menebar semangat kepada pemuda-pemuda di Tanah Air agar semakin mencintai, mempelajari, dan melestarikan budaya Nusantara. Karena budaya adalah jati diri bangsa dan aset ekonomi dan pembangunan.

BSBI adalah kegiatan milik Kemenlu RI yang telah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan tahun ini merupakan tahun ke-17nya. Lewat program tersebut Pemerintah Indonesia mengajak generasi muda dari berbagai negara untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia.

Penerima BSBI akan disebar ke sejumlah daerah seperti Padang, Kutai Kartanegara, Makassar, Bali, Banyuwangi, dan Yogyakarta untuk mempelajari seni, budaya dan juga bahasa. Selama 3 bulan peserta BSBI akan tinggal bersama masyarakat dan berlatih di sanggar dan universitas yang merupakan mitra Kemenlu RI.

Alasan dipilihnya Banyuwangi sebagai lokasi Indonesia Channel 2019 karena Banyuwangi dengan kemajemukannya bisa dikatakan sebagai miniatur Indonesia. Mulai budaya, religi dan kepercayaan, kreasi dan inovasi pemerintah dan masyarakatnya dalam mengembangkan potensi daerah, khususnya seni budaya.

Tak hanya itu, Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI Azis Nurwahyudi menambahkan jika perhelatan Inchan kali ini akan dihadiri oleh sejumlah dubes dan perwakilan diplomatik dari negara sahabat. Program BSBI sendiri telah memiliki 920 alumni dari 77 negara. Alumni-alumni tersebut menjadi duta yang akan mempromoskan Indonesia di negara asalnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...