Viral Siswa SMAN 2 Palangkaraya Temukan Obat Kanker Dari Herbal Tradisional Dayak
SerbaSerbi

Beberapa waktu lalu viral ketiga siswa SMAN 2 Palangkaraya yang telah menemukan obat untuk kanker payudara. Diketahui obat tersebut merupakan obat dengan bahan herbal yang khas dari tanah Dayak.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan ini media sosial telah dihebohkan dengan prestasi yang dicapai oleh 3 siswa SMAN 2 Palangkaraya. Pasalnya ketiga siswa tersebut telah menemukan obat untuk mengobati kanker payudara.

Tak sembarang obat, ketiga siswa yang bernama Yazid, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani ini membuat obat tersebut dengan bahan alami yakni Akar Bajakah Tunggal yang berasal dari tanah Kalimantan Tengah.

Ketiganya sukses memperkenalkan obat tradisional yang mampu penyakit tumor ganas, yaitu kanker payudara, di kompetisi internasional. Dikutip dari Official Account Indonesian Young Scientist Association (IYSA), ketiga siswa tersebut dikirim sebagai perwakilan dari Indonesia untuk mengikuti World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada 25-27 Juli 2019 lalu dan berhasil meraih gold medal.


Ide ketiganya berawal dari Yazid yang mengatakan bahwa ada sebuah tumbuhan di hutan Kalimantan Tengah yang kerap digunakan keluarganya bisa menyembuhkan kanker, bahkan kanker ganas stadium empat sekalipun. Lalu di bawah bimbingan guru biologi mereka, Helita ketiga siswa itu memutuskan untuk memulai pembahasan awal yang lebih serius mengenai akar kayu bajakah tersebut.

Berawal dengan melakukan pengujian di laboratorium sekolah ketiganya melanjutkan uji coba dengan menyuntikkan obat penawar menggunakan dua ekor mencit atau tikus betina atau tikus kecil berwarna putih, yang sudah diinduksi atau disuntik zat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

"Setelah memasuki hari ke-50, mencit yang diberi air penawar dari bawang dayak mati, sementara mencit yang diberi cairan kayu bajakah tetap sehat, bahkan bisa berkembang biak,” ujar Helita, Senin (12/8).

Dari hasil penelitian tersebut terbukti akar kayu bajakah itu memiliki kandungan yang cukup kaya antioksidan, bahkan ribuan kali lipat dari jenis tumbuhan lain yang pernah ditemukan, khususnya untuk penyembuhan kanker.

Kanker payudara terjadi akibat pertumbuhan sel-sel dibagian payudara secara abnormal dan tidak terkendali. Sel tersebut akan membelah dengan waktu yang sangat cepat dan berkumpul untuk membentuk sebuah benjolan. Pada akhirnya, sel tersebut akan menyebar ke bagian organ tubuh lainnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru