Dede Sunandar Terima Bantuan Dana Demi Operasi Anak yang Idap Sindrom William, Berapa?
WowKeren/Fernando
Selebriti

Anak bungsu Dede Sunandar diketahui menderita penyakit langka sindrom William. Penyakit tersebut bisa membahayakan anak Dede jika tak ditangani dengan jalan operasi.

WowKeren - Komedian Dede Sunandar kini sedang menghadapi cobaan saat putra keduanya, Ladzan, mengidap penyakit sindrom William. Penyakit langka tersebut merupakan suatu kelainan genetik yang mengganggu perkembangan anak dan menyerang banyak bagian tubuh.

Penderita sindrom William juga memiliki penyakit kardiovaskular supravalvular aortic stenosis (SVAS), yakni penyempitan pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jika tidak ditangani dengan benar dan tepat, pengidap sindrom William bisa mengalami sesak napas hingga gagal jantung.


Rupanya, Dede mengaku baru mengetahui Ladzan mengidap sindrom William saat diperiksa ke dokter di usia 3 bulan. Menurut Dede, putranya sempat mengalami jantung bocor dan kesulitan bernapas.

"Dede sama istri pas cek ke dokter, 3 bulan setelah lahiran. Ada yang namanya sindrom Williams. Kalau gejala enggak tahu juga. Pas kita periksa 1 bulan, 2 bulan, enggak ada apa-apa," ungkap Dede saat dijumpai WowKeren di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/8). "Pas 3 bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya. Tahunya jantung ke paru-paru ada penyempitan. Kalau susah napas iya. Cuma perkembangan tumbuhnya agak lambat."

Hal ini yang menyebabkan Dede memutuskan untuk membawa Ladzan yang berusia 1 tahun 4 bulan menjalani operasi jantung dalam waktu dekat. Mengenai biaya operasi sang putra yang tergolong mahal, Dede bersyukur mendapatkan banyak bantuan dari manajemen artis yang menaunginya.

"Jadi harus operasi, harus diambil tindakan secepatnya. Insya Allah (operasi dilaksanakan pada) akhir Agustus atau awal September. Karena kita tunggu dari pihak rumah sakit dan dari manajemen yang bantu Dede juga," cerita Dede. "Kalau (biaya) itu alhamdulillah Dede dibantu pihak manajemen buat nge-backup kesulitan Dede dari segi operasional."

Saat ditanya mengenai jumlah dana bantuan yang ia terima, Dede tak menyebutkan. "Kalau angka kita enggak tahu juga, tapi udah otomatis di-backup manajemen. Yang penting anak Dede bisa operasi dulu, kalau ke depannya kita lihat nanti," pungkas Dede.

You can share this post!

Related Posts
Loading...