Surya Paloh Sebut Indonesia Negara Kapitalis Liberal: Kita Ini Malu-Malu Kucing Mengakuinya
Nasional

Ketua Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menilai semua pihak terus berbicara soal Pancasila namun tanpa sadar sebenarnya Indonesia termasuk dalam kategori kapitalis.

WowKeren - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang menganut sistem kapitalis liberal. Selama ini, Indonesia selalu mendeklarasikan diri sebagai negara Pancasila.

Namun sebenarnya, Indonesia hanya malu mengakui jika sistem yang dianut sebetulnya adalah kapitalis liberal. "Kita ini malu-malu kucing untuk mendeklarasikan Indonesia hari ini adalah negara kapitalis, yang liberal, itulah Indonesia hari ini," kata Surya di Universitas Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).


Bukan tanpa alasan, Surya mengungkap bahwa paham kapitalis liberal tersebut terlihat ketika Indonesia menggelar kompetisi politik. Surya kemudian menjelaskan bahwa saat berkompetisi, hal pertama yang ditanya adalah "wani piro" yang berarti menanyakan banyaknya uang yang dimiliki. Meski demikian, Surya tidak menjelaskan kompetisi mana yang dimaksud.

"Ketika kita berkompetisi, wani piro. Saya enggak tahu lembaga pengkajian UI ini sudah mengkaji wani piro itu saya enggak tahu," jelas Surya. "Praktiknya yang saya tahu money is power, bukan akhlak, bukan kepribadian, bukan juga ilmu pengetahuan. Above all, money is power."

Ia mempertanyakan mengapa tidak ada satu pun lembaga peneliti maupun lembaga ilmiah hingga pengamat yang memperhatikan fenomena ini. "Enggak ada pengamat, lembaga peneliti, lembaga ilmiah, kenapa tidak diperhatikan. Eh, you tahu enggak bangsa kita ini adalah bangsa kita ini bangsa yang kapitalis hari ini, you tau enggak bangsa kita ini bangsa yang sangat liberal hari ini," tegas Surya.

Semua pihak terus berbicara soal Pancasila namun tanpa sadar sebenarnya Indonesia telah masuk ke dalam kategori kapitalis. "Ngomong Pancasila, mana itu Pancasila. Tanpa kita sadari juga, kalau ini memang kita masuk dalam tahapan apa yang dikategorikan negara kapitalis," tambah Surya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...