Gurih Dan Segar, Berikut 8 Jenis Soto Khas Nusantara Yang Wajib Banget Dicoba Oleh Pencinta Kuliner
Kuliner

Soto adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang begitu melegenda. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda.

WowKeren - Soto adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang begitu melegenda. Kuliner ini memiliki berbagai nama di daerah yang berbeda yakni Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto. Soto sendiri merupakan makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan soto sekengkel.


Cara penyajian soto juga berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah loh. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun. Untuk menambah kenikmatan soto, biasanya juga disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang.

Berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis soto khas nusantara yang meskipun bahannya berbeda, tapi rasanya dijamin bakal nikmat banget. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Soto Betawi, Soto Khas Ibu Kota Dengan Kuah Santan Atau Susu Gurih


 Soto Betawi, Soto Khas Ibu Kota Dengan Kuah Santan Atau Susu Gurih

Sesuai namanya soto betawi merupakan soto khas suku betawi yang populer di ibu kota. Soto memiliki kuah santan dengan tambahan susu yang membuatnya makin gurih. Aromanya pun kaya akan aroma rempah seperti pala, cengkeh dan kapulaga. Pelengkap untuk makan soto ini ada irisan daging, paru, emping dan acar mentimun.

Walau Soto Betawi ini memiliki kuah cukup berat dan kental tapi kenikmatannya tetap luar biasa. Kekentalan kuah Soto Betawi ini disebabkan penggunaan santan dan susu sehingga menimbulkan citarasa yang sangat gurih. Cita rasa soto nusantara yang satu ini pun bertambah dengan adanya taburan keripik emping dan acar timun sebagai pelengkap. Walau dara campuran susu dan santan, tapi aroma pala, cengkeh dan kapulaga cukup semerbak di sajian soto ini loh.

2. Soto Padang Yang Memiliki Cita Rasa Asam Dan Manis


Soto Padang Yang Memiliki Cita Rasa Asam Dan Manis

Kalian pasti sudah enggak asing dengan kenikmatan masakan padang, namun jangan salah soto padang juga layak banget dicoba. Soto padang ini dibuat dengan menggunakan daging sapi dan kaldu sapi. Tetapi yang membuatnya berbeda adalah campuran cuka yang membuat rasa soto ini menjadi sedikit asam dan manis.

Soto padang biasanya diisi dendeng sapi, bihun, dan perkedel kentang. Jika suka, kalian bisa menambahkan sambal dan irisan daun bawang ke dalamnya. Selain itu, aroma soto yang satu ini juga sangat menggoda. Aroma harum Soto Padang ini muncul dari campuran daun jeruk, serai, jahe, dan daun bawang.

3. Soto Madura Yang Punya Isian Paling Melimpah


Soto Madura Yang Punya Isian Paling Melimpah

Sesuai dengan namanya, soto madura ini merupakan soto khas Jawa Timur atau tepatnya Madura. Soto ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge. Dilengkapi juga dengan babat, usus dan paru sapi yang akan membuat rasa dari soto ini menjadi lebih gurih.

Soto Madura merupakan salah satu jenis soto yang memiliki isi paling banyak. Soto Madura berisikan berbagai jeroan sapi seperti babat, paru-paru dan usus sehingga menghasilkan rasa gurih yang khas. Selain jeroan, soto Madura juga dilengkapi dengan berbagai bahan lainnya seperti bihun, kol, telur rebus, ayam dan tauge.

4. Soto Lamongan Yang Nikmat Banget Dimakan Dengan Bubuk Koya Gurih


Soto Lamongan Yang Nikmat Banget Dimakan Dengan Bubuk Koya Gurih

Soto lain yang enggak kalah kalah hits adalah soto lamongan. Soto lamongan ini berasal dari kota Lamongan dan punya ciri khas bubuk koya yang gurih. Bubuk koya yang terbuat dari campuran bawang goreng dan kerupuk udang yang dihancurkan hingga membentuk serpihan lembut.

Bubuk koya gurih ini bakal makin menambah cita rasa soto berkuah kuning pekat ini. Soto lamongan ini pada umumnya terdiri dari kol, bihun, dan suwiran daging ayam kampung. Soto ini juga biasanya disajikan dengan nasi hangat. Akan lebih nikmat jika kalian makan soto ini dengan kerupuk bawang serta sambal yang pedas.

5. Soto Kudus Yang Dimakan Dengan Berbagai Isian Yang Nikmat


Soto Kudus Yang Dimakan Dengan Berbagai Isian Yang Nikmat

Soto kudus ini menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang unik. Tidak seperti soto betawi, kuah soto kudus ini bening dengan isian daging ayam atau sapi yang bisa dipilih sesuai selera.

Penyajiannya juga unik, yaitu isian berupa irisan daging ayam atau sapi, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge disajikan dalam mangkuk lebih kecil. Khas-nya, soto kudus disajikan dengan kuah terpisah dalam mangkuk yang berbeda.

6. Soto Banjar Yang Kaya Aroma Rempah Rempah


Soto Banjar Yang Kaya Aroma Rempah Rempah

Sesuai namanya, kuliner soto ini berasal pulau Kalimantan atau tepatnya Banjarmasin. Soto ini bahan utamanya adalah ayam dan aromanya tercium bau rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Selain bahan utama yang berupa ayam, soto ini juga memiliki pelengkap lain seperti perkedel dan telor.

Uniknya jika menyantap soto yang lain menggunakan nasi, nah soto yang satu ini makannya pakai lontong atau ketupat. Tentu saja jika kalian ingin menyantap soto dengan nasi, enggak akan mengurangi kelezatan soto banjar satu ini.

7. Soto Mie Bogor Yang Dijamin Bakal Bikin Nagih Banget


Soto Mie Bogor Yang Dijamin Bakal Bikin Nagih Banget

Salah satu jenis soto yang satu ini punya cita rasa beda dari soto betawi meskipun berasal dari daerah yang berdekatan. Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

Selain penggunaan mie kuning, bahan lainnya yang membuat soto ini cukup unik ialah urat dan kaki sapi, risoles, serta babat. Karena bahan-bahannya yang sudah cukup berat, Soto Mie Bogor seringkali disantap dengan sendirinya tanpa ada tambahan nasi atau ketupat.

8. Soto Makasar Gurih Yang Sering Disebut Coto Makasar


Soto Makasar Gurih Yang Sering Disebut Coto Makasar

Soto makasar ini juga sering disebut Coto Makassar. Menu ini merupakan kuliner wajib dicoba bagi siapapun yang berkunjung ke ibu kota Sulawesi Selatan. Jenis soto nusantara yang satu ini memiliki rasa gurih yang khas, karena isinya yang terbuat dari jeroan atau isi perut sapi.

Isian soto ini ada potongan usus, hati dan daging sapi direbus dalam waktu yang cukup lama hingga menghasilkan kaldu yang kuat, lalu diiris tipis dan disajikan bersama ketupat. Memiliki rasa yang tidak familiar di lidah masyarakat Indonesia kebanyakan karena paduan rempah yang cukup banyak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel