Dapat Undangan Khusus, Prabowo Justru Diwakilkan Sandiaga di Sidang Tahunan MPR
Instagram/prabowo
Nasional

Prabowo Subianto menerima undangan sebagai ketua umum parpol sekaligus kandidat Capres 2019. Namun Ketum Gerindra ini tak bisa hadir karena jadwal sidang yang bentrok dengan kegiatannya.

WowKeren - Sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI digelar hari ini, Jumat (16/8). Bertempat di ruang rapat paripurna MPR di Gedung Parlemen, Senayan, sejumlah tokoh nasional tampak hadir dalam acara yang rutin digelar sejak 2015 lalu itu.

Namun sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tampak tak hadir dalam agenda tersebut. Padahal, Prabowo dikabarkan menerima undangan khusus, baik sebagai ketum partai maupun sebagai kandidat Calon Presiden 2019.


Ketidakhadiran Prabowo ini pun ditanggapi oleh kandidat Calon Wakil Presiden 2019 Sandiaga Uno. Sandiaga mengaku menghadiri sidang tahunan MPR, baik sebagai tamu undangan sekaligus mewakili Prabowo. "Iya (mewakili). Saya akan hadir," katanya ketika ditemui di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

Sandiaga menyebut Prabowo tak bisa hadir karena jadwal sidang yang bentrok dengan jadwal pribadinya. Oleh karena itu, secara khusus Prabowo memang sudah berkoordinasi dengan Sandiaga agar bersedia menggantikannya.

"Besok saya akan hadir di pidato kenegaraan, pembacaan nota keuangan dan berkoordinasi dengan beliau (Prabowo)," jelasnya, dilansir dari laman CNN Indonesia, Jumat (16/8). "Karena Pak Prabowo sudah terjadwal acara lain. Jadi beliau tidak akan hadir."

Selain Prabowo, beberapa tokoh nasional pun tampak tak bisa menghadiri sidang tahunan kelima ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyebut dua presiden dikonfirmasi tidak bisa hadir, yakni Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain itu, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono juga dikonfirmasi tidak hadir.

"Pak SBY, Pak Boediono, nggak hadir," katanya, Kamis (15/8) malam. "Dan Pak Habibie nggak hadir, konfirmasi terakhir begitu."

Lebih lanjut, Indra menyebut pelaksanaan sidang tahunan kali ini tak berbeda dengan agenda serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, menurutnya, sidang kali ini lebih istimewa karena dihadiri oleh kandidat Cawapres 2019. Ia pun memperkirakan sidang terakhir pada periode 2014-2019 ini akan ramai.

"Selebihnya yang lain kurang lebih sama. Mungkin yang menjadi (istimewa) ini juga ada Pak Ma'ruf Amin, Pak Sandiaga Uno diundang khusus. Kemudian Pak Prabowo masih dalam konfirmasi," tuturnya, dikutip dari Detik News. "Selebihnya tidak ada yang inilah (beda), kecuali memang ini adalah periode terakhir. Kelihatannya besok yang hadir juga akan ramai lah."

You can share this post!

Related Posts
Loading...