Tingkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia, Kemendikbud Adakan Lomba untuk WNA
Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengadakan lomba bahasa Indonesia untuk warga negara asing (WNA). Lomba ini digelar untuk meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia bagi WNA tersebut.

WowKeren - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengadakan lomba menggunakan bahasa Indonesia bagi penutur asing yang berasal dari sejumlah negara. Lomba tersebut digelar sebagai tindak lanjutan dari peningkatan peminat dan pembelajar bahasa Indonesia di luar negeri.

Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Kemendikbud, Emil Emilia menyebutkan jika lomba yang diselenggarakan bagi penutur asing juga dalam rangka lebih mengenalkan bahasa Indonesia ke dunia internasional. "Salah satu tujuan lomba itu untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia," ujar Emil ketika ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (15/8).

Lomba tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut atas program bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kemendikbud. Program ini sendiri dibuat untuk mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia, mulai dari cara berbicara, menulis, hingga membaca bagi penutur asing.

Lomba bahasa Indonesia ini akan diikuti oleh 31 penutur asing berusia muda yang berasal dari 17 negara. Pemerintah Indonesia sengaja memilih penutur asing usia muda dengan alasan agar promosi bahasa Indonesia akan berjalan lebih optimal.


"Salah satu yang dibidik adalah para penutur muda supaya mereka nanti bisa menyebarkan bahasa Indonesia kepada temannya, keluarganya, dan sebagainya," jelas Emil.

Untuk tema yang diangkat dalam lomba tersebut, Kemendikbud menyebutkan bahwa toleransi yang akan dijadikan tema. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki bangsa yang majemuk dan dipersatukan oleh sikap toleran dengan sikap saling memahami dan menghormati berbagai unsur perbedaan. "Tema itu diambil dari kondisi dan tradisi Indonesia. Jadi keadaan terbaru," kata Emil.

Di lain pihak, Kepala Bidang Penelitian Kebijakan Kebudayaan Kemendikbud Yaya Zakaria menyampaikan bahwa pihaknya berharap agar bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, ia meminta pemerintah untuk terus berupaya memperbanyak penutur asing lewat berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan lomba berbahasa Indonesia untuk penutur asing.

"Diadakan lomba itu harapannya ke depan punya mimpi mudah-mudahan bahasa Indonesia jadi bahasa internasional. Sehingga mereka bisa menyebarluaskan dan memiliki minat," ujar Yaya saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta.

Adapun meningkatnya penutur asing di Indonesia diharapkan bisa berdampak pada peningkatan ekonomi di Indonesia. Sebab, banyaknya penutur asing di Tanah Air secara otomatis akan menarik orang asing juga untuk berkunjung ke Indonesia.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait