Live-Action 'Mulan' Terancam Diboikot di Hong Kong, Tagar #BoycottMulan Jadi Trending
Walt Disney Pictures
Film

Kisruh pemboikotan ini berawal karena Liu Yifei selaku pemeran utama karakter Mulan baru saja turun langsung ke media sosial untuk menyuarakan dukungannya pada polisi Hong Kong.

WowKeren - Sejak awal merilis teaser perdana pada bulan Juli lalu, proyek live-action "Mulan" memang bisa dibilang menuai banyak kontroversi. Bahkan proyek yang diadaptasi dari animasi tahun 1998 ini sempat mendapat sambutan negatif dari warga Tiongkok.

Banyak yang mengklaim bahwa film "Mulan" nantinya justru tidak menghormati budaya Tiongkok karena ketidakakuratan sejarah yang terlihat di teaser yang baru dirilis. Tak hanya itu, ada pula yang menilai bahwa versi live-action "Mulan" ini seakan dikhususkan untuk penonton Barat saja.

Yang terbaru, proyek live-action "Mulan" justru terancam akan diboikot di Hong Kong karena telah memicu kekesalan dari massa protes anti-polisi pro-demokrasi di negara tersebut. Hal ini berawal karena Liu Yifei selaku pemeran utama karakter Mulan baru saja turun langsung ke media sosial untuk menyuarakan dukungannya pada polisi Hong Kong.

"Aku mendukung polisi Hong Kong, kalian dapat menyerangku sekarang. Betapa memalukan untuk Hong Kong #IAlsoSupportTheHongKongPolice," tulis sang aktris dalam unggahannya di akun media sosial Weibo miliknya.

Alhasil, pernyataan Yifei ini langsung memicu protes dan pro-kontra. Bahkan ia dituding mendukung kebrutalan polisi Hong Kong serta penindasan pada demokrasi dan kebebasan. Tak hanya itu, tagar #BoycottMulan pun langsung ramai menjadi perbincangan di media sosial Twitter.


Sebagian besar netizen menyebut bahwa Yifei tak seharusnya ikut campur masalah ini, mengingat bahwa ia memiliki kewarganegaraan Amerika. Meski demikian, ada pula banyak penggemar yang mendukungnya, terutama dari warga Tiongkok yang menyerukan dukungan pada Hong Kong.

Demonstrasi yang terus terjadi sejak Juni hingga kini, diawali persoalan RUU Ekstradisi. Demo yang kini mengarah pada demokratisasi Hong Kong itu semakin kelam beberapa hari terakhir dengan sejumlah kisruh antara polisi dan pendemo.

Terlepas dari hal tersebut, proyek live-action "Mulan" sendiri akan mengisahkan tentang seorang gadis yang menyamar menjadi prajurit pria untuk menyelamatkan ayahnya. Film animasi klasik yang dirilis pada tahun 1998 ini telah menuai kesuksesan besar-besaran di seluruh dunia.

Selain Liu Yifei, sejumlah pemeran lain yang tergabung dalam proyek ini di antaranya adalah Gong Li, Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yoson An, Utkarsh Ambudkar, Ron Yuan, Tzi Ma, Rosalind Chao, Cheng Pei-Pei, serta Nelson Lee.

Film live-action "Mulan" ini akan diarahkan oleh sutradara Niki Caro. Rencananya film ini akan menyapa penggemar pada 27 Maret 2020 mendatang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru