Pimpin Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Anies Baswedan: Ini Lahan Milik Indonesia
Nasional

Upacara peringatan HUT RI ke-74 di Pulau Reklamasi tersebut diikuti oleh seluruh PNS Pemprov DKI, Forkompinda, PPSU, sejumlah perwakilan ormas, dan perwakilan para siswa sekolah.

WowKeren - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini menggelar upacara peringatan HUT RI ke-74 di Pulau D Reklamasi, Jakarta Utara. Gubernur DKI Anies Baswedan pun berperan sebagai Inspektur upacara pada hari ini (17/8).

Anies tampak memimpin upacara mengenakan seragam putih lengkap. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga didampingi oleh sang istri, Feri Farhaty.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menuturkan bahwa Pulau Reklamasi sengaja dipilih untuk menjadi lokasi upacara agar masyarakat tahu hasil reklamasi tersebut merupakan milik negara. Bukannya milik swasta.

"Ini adalah lahan yang ketika proklamasi dikumandangkan, belum ada tanah ini," tutur Anies. "Ini adalah tanah lahan baru, tapi kami ingin kirimkan pesan kepada semua bahwa ini bukan lahan milik pribadi, tapi lahan milik Republik Indonesia."

Selain itu, Anies juga menilai bahwa keberadaan lahan tersebut menggambarkan adanya keadilan dan kepastian hukum di Ibu Kota. Sehingga, hal tersebut bisa menjadi contoh bagi penerus bangsa.


"Di tanah ini ada tanah Indonesia, dan di air ini ada air Indonesia. Inilah Tanah Air Indonesia," ujar Anies. "Saudara-saudara sekalian turut menjadi saksi dan bagian yang memastikan bahwa di Ibu Kota ada keadilan dan kepastian hukum."

Tak hanya itu, Anies juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk kembali merajut kebersamaan. Meski pun ada perbedaan pandangan di antara mereka terkait pilihan Pemilu 2019.

"Mari bersama bersatu padu membangun Indonesia, yang lebih maju, kuat, unggul," kata Anies. "Untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia, sejahtera, adil dan makmur."

Sementara itu, upacara peringatan HUT RI ke-74 di Pulau Reklamasi tersebut diikuti oleh seluruh PNS Pemprov DKI, Forkompinda, PPSU, sejumlah perwakilan ormas, dan perwakilan para siswa sekolah. Para PNS berangkat bersama-sama dari Balai Kota DKI menggunakan Trans Jakarta.

Anies sendiri telah melantik 54 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terpilih untuk bertugas di Pulau Reklamasi di Balai Agung, DKI Jakarta pada Kamis (15/8). 54 Paskibra yang dilantik oleh Anies ini merupakan pasukan pengibar bendera pertama yang bertugas di Pulau Reklamasi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru