Prabowo Ungkap Gerindra Sudah Perjuangkan Pemindahan Ibu Kota Sejak 2014
Nasional
Kontroversi Rencana Indonesia Pindah Ibu Kota

Prabowo menilai penentuan lokasi Ibu Kota baru harus dibahas oleh para pakar. Prabowo juga enggan berkomentar soal daerah mana yang sebaiknya dijadikan lokasi Ibu Kota yang baru.

WowKeren - Rencana pemindahan Ibu Kota RI ke Pulau Kalimantan tengah ramai diperbincangkan. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, lantas turut menyampaikan pandangannya tentang rencana Presiden Joko Widodo tersebut.

Menurut Prabowo, rencana pemindahan Ibu Kota telah lama dibahas dan digodok oleh Gerindra. Bahkan, Gerindra telah membahas rencana pemindahan Ibu Kota tersebut sejak 2014.


"Pemindahan Ibu Kota sudah perjuangan Gerindra lama, dari 2014 sudah berjuang pemindahan Ibu Kota," tutur Prabowo usai upacara peringatan HUT RI di Kantor DPP Gerindra di Jakarta Selatan pada Sabtu (17/8). "Tapi tentu pindah Ibu Kota perlu penelitian yang baik, tempat di mana bisa diterima semua pihak, dan biaya juga tidak ringan."

Meski mendukung rencana pemindahan tersebut, Prabowo menilai penentuan lokasi Ibu Kota baru harus dibahas oleh para pakar. Prabowo juga enggan berkomentar soal daerah mana yang sebaiknya dijadikan lokasi Ibu Kota yang baru.

"Cari yang terbaiklah," ujar Prabowo. "Harus dicari, cari pakar dan konsensus yang baik."

Sebelumnya, Jokowi sudah meminta izin untuk memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan dalam Pidato Kenegaraannya di DPR/DPD pada Jumat (16/8). Jokowi mengaku pemindahan Ibu Kota ini memiliki tujuan demi pemerataan dan keadilan ekonomi di Indonesia.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan Ibu Kota negara kita ke Pulau Kalimantan," tutur Jokowi. "Ibu kota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya."

Meskipun telah meminta izin untuk memindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan, Jokowi belum menyebutkan secara spesifik lokasi baru tersebut. Padahal sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut Jokowi siap mengumumkan informasi detail pemindahan Ibu Kota dalam Pidato Kenegaraan tersebut.

You can share this post!

Related Posts
Loading...