Dulunya Kumuh, 8 Kampung Warna-Warni Di Indonesia Ini Berhasil Disulap Jadi Seindah Pelangi
Travel

Kampung-kampung ini kebanyakan awalnya merupakan kampung kumuh dan tak terawat. Namun dengan perbaikan maksimal, kampung-kampung ini bisa berkembang menjadi kampung yang indah serta menjadi objek wisata

WowKeren - Kalau bicara tentang berwisata, sebagian orang pasti akan memilih untuk berwisata ke pantai, gunung atau bahkan taman hiburan. Beberapa orang mungkin juga akan memilih untuk sekedar menghabiskan waktu di beberapa pusat perbelanjaan.

Namun wisata tak melulu di lokasi wisata tersebut. Kalian bisa menghabiskan waktu dengan jalan-jalan menikmati pemandangan di sebuah kampung bersejarah. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengunjungi berbagai kampung warna-warni yang telah didekorasi sedemikian rupa sehingga menarik di telusuri.


Kampung-kampung ini kebanyakan awalnya merupakan kampung kumuh dan tak terawat. Namun dengan perbaikan maksimal, kampung-kampung ini bisa berkembang menjadi kampung yang indah serta menjadi objek wisata. Warga-warganya pun sangat ramah menerima wisatawan yang datang.

Saat ini sudah banyak kampung warna-warni tersebar di Indonesia. Kampung-kampung ini memiliki ciri khas dan cerita sendiri loh. Penasaran di mana saja? Berikut tim, WowKeren rangkum 8 kampung warna-warni di Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kampung Jodipan Malang Salah Satu Kampung Pelangi Yang Paling Populer


Kampung Jodipan Malang Salah Satu Kampung Pelangi Yang Paling Populer

Kampung Jodipan ini adalah salah satu kampung pelangi yang paling hits loh. Kampung yang terletak di kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing Kota Malang ini enggak kalah indah dari hunian warna warni di Brazil loh. Sesuai namanya, di desa wisata ini terdapat puluhan rumah yang dicat warna warni.

Menariknya, dulunya perkampungan ini adalah perkampungan kumuh dan kotor loh. Kondisinya kini benar-benar berbeda 180 derajat dari sebelumnya. Pemandangan warna warni kampung bisa terlihat jelas dari atas jembatan Brantas. Perpaduan warna yang menghiasi tiap dinding rumah warga membuat daerah sepanjang sungai Brantas jadi menarik.

2. Coba Kunjungi Kampung Pelangi Semarang Yang Bikin Media Internasional Heboh


Coba Kunjungi Kampung Pelangi Semarang Yang Bikin Media Internasional Heboh

Kampung pelangi yang terletak di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Jawa Tengah ini enggak hanya populer di wisatawan lokal tapi juga luar negeri. Keindahan kampung ini bahkan kerap masuk dalam media internasional loh. Sebut saja media Inggris, The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda ramai membicarakan kampung ini.

Kampung ini awalnya kumuh dan kotor, namun pihak pemerintah membenahi kampung ini menjadi layak dijadikan tempat wisata. Tujuan utamanya agar pendapatan kampung ini bertambah dan warganya bisa bebas dari kemiskinan. Terbukti, kampung ini kini ramai didatangi wisatawan baik domestik atau luar negeri.

3. Kampung Kali Code Yogyakarta Berubah Menjadi Pelangi Pada Tahun 2015


Kampung Kali Code Yogyakarta Berubah Menjadi Pelangi Pada Tahun 2015

Rumah-rumah kumuh di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Gondokusuman, Yogjakarta diubah menjadi bangunan warna-warni sejak tahun 2015. Memiliki moto "Show your colour", kampung ini diharapkan memberikan keceriaan dan kemandirian kepada para penghuni.

Daya tarik tempat ini bukan hanya pada warna-warni cat, tapi juga arsitektur rumah yang unik hasil tatanan almarhum Romo Mangun Wijaya. Spot menarik yang juga menjadi perhatian adalah tulisan-tulisan serta mural di dinding untuk mengenang tokoh-tokoh yang pernah berjasa pada Kali Code.

4. Sungai Kalilo Banyuwagi Yang Menjadi Indah Karena Mahasiswa


Sungai Kalilo Banyuwagi Yang Menjadi Indah Karena Mahasiswa

Bantaran sungai yang berada di Kelurahan Singonegara itu dulunya terkenal sebagai kawasan kampung kumuh. Namun kini wajah Sungai Kalilo kini berubah 180 derajat menjadi objek wisata yang patut dikunjungi. Hal ini karena daerah sekitarnya telah disulap oleh mahasiswa dan warga sekitar menjadi objek wisata baru.

Saat ini, tempat yang konon menyimpan banyak sejarah dan inspirasi lagu tradisional Banyuwangi itu kini jadi tempat berburu foto masyarakat. Di sepanjang pinggiran sungai, masyarakat tampak menikmati waktu dengan bersantai bersama keluarga. Tak jarang juga para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati pemandangan daerah ini.

5. Teluk Seribu Balikpapan, Kampung Pelangi Di Atas Air


Teluk Seribu Balikpapan, Kampung Pelangi Di Atas Air

Kampung yang terletak di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur disulap menjadi tempat favorit warga maupun wisatawan daerah lain. Di kampung ini kalian bisa menikmati pemandangan rumah warga yang dicat berbagai warna dan gambar tiga dimensi.

Keberadaan wisata warna-warni sepanjang Sungai Manggar Baru dibuat untuk melengkapi keberadaan wisata hutan mangrove yang berada di tempat itu. Selain itu, di ujung kampung, kalian bisa menemukan kapal-kapal bersandar untuk disewakan.

6. Kampung Bulak Surabaya Yang Luas Banget


Kampung Bulak Surabaya Yang Luas Banget

Kampung warna warni di Surabaya ini sebenarnya terdiri dari tujuh kelurahan, yakni Sukolilo, Cumpat, Kedung Cowek, Nambangan, Kejawan, Bulak, dan Kenjeran. Jadi, warna warni meriah pilihan backgroud foto Instagrammu jauh lebih banyak di Surabaya dibanding tempat lain. Kalau langsung memasuki kelurahan-kelurahan ini, kalian bisa langsung melihat ragam corak yang digoreskan di dinding-dinding rumah penduduk.

Paving jalan yang telah dibenahi bakal bikin acara jalan-jalan kalian lancar tanpa hambatan. Banyaknya spot foto yang menarik, enggak heran jika wisatawan di sini sering bingung mau mengambil foto di mana. Namun disarankan jika kalian melewati Jembatan Suroboyo, kalian akan disuguhkan pemandangan warna-warni dari beberapa rumah di Perkampungan Bulak, Kenjeran. Kalian bisa foto selfie di sini.

7. Kampung Kelir Kroman Gresik Ini Merupakan Salah Satu Tempat Wisata Populer


Kampung Kelir Kroman Gresik Ini Merupakan Salah Satu Tempat Wisata Populer
Bernama Kampung Kelir, kampung warna-warni ini terletak di RW 10,11 dan 12 Kelurahan Dandangan. Destinasi ini sebenarnya berawal dari festival wirakarya yang melibatkan warga dan anak-anak pramuka untuk menggores cat warna di dinding. Pun padat penduduk, kampung ini pun terlihat berwarna dan bertahan hingga kini.

8. Kampung Werno Bejalen Semarang Yang Dulunya Bertumpuk Sampah Dan Kumuh


Kampung Werno Bejalen Semarang Yang Dulunya Bertumpuk Sampah Dan Kumuh

Sungai Kalipanjang di Desa Bejalen yang dulunya bertumpuk sampah kini telah bersih dan dihias dengan bola warna-warni, perahu warna-warni dan bangunan di sekitarnya yang juga dipoles berbagai gambar. Dengan cepat warga berduyun-duyun datang di kanan-kiri sungai yang bermuara di Danau Rawapening itu. Wisatawan pun dimanjakan dengan berbagai properti seperti sepeda ontel dan vespa kuno yang bisa dipinjam untuk mempercantik foto.

Intip juga tempat wisata yang paling difavoritkan oleh wisatawan asing di sini. Selain itu, simak juga wisata religi di Indonesia yang bisa tenangkan hati dan pikiran di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru