Bisa Atasi Stres Hingga Peradangan, Berikut 9 Jenis Aroma Terapi Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Health

Memiliki aroma yang berbeda-beda, aroma terapi tentu memiliki fungsi yang beda-beda juga untuk kesehatan. Penasaran apa saja? berikut 9 jenis aroma terapi beserta kegunaannya untuk kesehatan.

WowKeren - Aroma terapi adalah cara memanfaatkan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dengan tujuan meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. Minyak yang digunakan adalah minyak esensial yang terbuat dari berbagai tanaman obat, bunga, herbal, akar, buah, dan pepohonan yang tumbuh di seluruh dunia.

Menurut sejumlah penelitian, beberapa jenis minyak esensial sudah terbukti memiliki efek positif untuk meningkatkan kondisi fisik dan emosional seseorang. Bahkan sejak dulu, aroma terapi sudah dipercaya sebagai penyembuh alami yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang, sekaligus memberikan efek anti nyeri.

Memiliki aroma yang berbeda-beda, aroma terapi tentu memiliki fungsi yang beda-beda juga untuk kesehatan. Penasaran apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 9 jenis aroma terapi beserta kegunaannya untuk kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Rosemary Bisa Sebagai Penghilang Rasa Nyeri


Rosemary Bisa Sebagai Penghilang Rasa Nyeri
Unsplash/Luigi Pozzoli

Aroma rosemary adalah salah satu jenis minyak yang menyegarkan. Aroma terapi dari bunga ini bersifat sebagai stimulan dan analgesik yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, jenis aroma terapi ini juga merangsang fungsi kekebalan tubuh, sirkulasi darah dan sistem pencernaan.

Rosemary juga baik untuk sistem saraf dan bertindak seperti antidepresan. Rosemary juga dapat menghilangkan gangguan terkait stres dan kelelahan mental. Sebagai antiseptik, anti bakteri dan anti jamur, juga dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

2. Jasmine Adalah Aroma Terapi Yang Cocok Untuk Nyeri Haid


Jasmine Adalah Aroma Terapi Yang Cocok Untuk Nyeri Haid

Jasmine atau melati adalah aroma terapi yang bisa digunakan untuk meringankan nyeri pada perempuan yang sedang menstruasi. Minyak aroma terapi jasmine telah digunakan selama ratusan tahun di wilayah Asia sebagai obat untuk depresi, kecemasan, stres dan insomnia.

Minyak melati ini bekerja mempengaruhi sistem saraf yang mempengaruhi kerja organ tubuh seperti denyut jantung, suhu tubuh, kewaspadaan, tekanan darah dan pernapasan. Selain itu, aromanya yang segar juga bisa memberikan efek relaksasi untuk tubuh.

3. Aroma Lavender Yang Segarnya Sudah Terkenal Dari Dulu


Aroma Lavender Yang Segarnya Sudah Terkenal Dari Dulu
pexels/Brigitte Tohm

Karena aromanya yang menyegarkan, sejak lama lavender populer digunakan sebagai pengharum ruangan dan campuran dalam garam mandi. Lavender adalah aroma terapi yang memiliki manfaat meredakan stres, sakit kepala, migrain, juga mempercepat penyembuhan dari sakit flu dan luka bakar.

Selain itu, Lavender juga bisa digunakan sebagai antidepresan. Pemakaian aroma terapi lavender bisa digunakan untuk mengurangi nyeri kepala dan stres. Para peneliti bahkan membuktikan aroma terapi bisa membantu untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri pada seseorang loh.

4. Tea Tree, Si Aroma Daun Teh Yang Bisa Kuatkan Imun Tubuh


Tea Tree, Si Aroma Daun Teh Yang Bisa Kuatkan Imun Tubuh

Tea Tree merupakan wewangian yang berasal dari ekstrak daun teh. Aroma ini sangat populer digunakan sebagai campuran produk perawatan kulit, mulai dari parfum, lotion, shampo, sabun, hingga obat kumur. Tea tree dipercaya memiliki manfaat meningkatkan kekuatan imunitas tubuh, membantu mengatasi infeksi, mempercepat penyembuhan luka, melegakan jalur pernapasan, mengatasi ketombe, dan juga menghalau serangga.

Simak juga jenis-jenis tanaman yang bisa cegah sel kanker di artikel berikut. Selain itu, intip juga cara untuk mengatasi stress di sini.

5. Aroma Peppermint Yang Populer Banget Di Kalangan Perempuan


Aroma Peppermint Yang Populer Banget Di Kalangan Perempuan

Peppermint termasuk jenis aroma terapi yang banyak dipilih perempuan. Aroma terapi ini bermanfaat sebagai dekongestan, anti spasmodik, dan stimulan. Selain itu, aromanya yang fresh dan menyejukkan juga bisa digunakan untuk mengatasi mual dan kelelahan mental.

Tak hanya itu, peppermint juga terkenal sebagai obat untuk masalah pencernaan seperti diare, mual dan perut kembung. Aroma ini sangat menyegarkan dan merangsang hati, usus dan sistem saraf. Sebagai obat penghilang rasa sakit itu bisa menyembuhkan sakit kepala, sakit gigi serta nyeri otot.

6. Geranium, Si Bunga Cantik Yang Bersahabat Banget Untuk Wanita


Geranium, Si Bunga Cantik Yang Bersahabat Banget Untuk Wanita
pexels

Geranium umumnya dianggap sebagai minyak yang feminin karena menyeimbangkan hormon wanita. Juga dapat mengobati masalah PMS dan menopause. Geranium bersifat menenangkan, menyegarkan dan mengangkat gejala kecemasan, stres dan depresi.

Tak heran jika penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak geranium dapat membantu mengurangi cemas pada wanita hamil selama persalinan. Studi ini menyimpulkan bahwa manfaat minyak geranium yang efektif mengurangi gejala kecemasan dapat direkomendasikan sebagai pengobatan non-invasif selama persalinan.

7. Ylang Ylang Yang Punya Wangi Khas Banget


Ylang Ylang Yang Punya Wangi Khas Banget

Aroma ylang-ylang yang wangi dan kuat datang dari bunga Kenanga. Salah satu jenis aroma terapi ini sangat mudah dikenali. Secara tradisional, ylang-ylang digunakan sebagai penenang dan antidepresan untuk sistem saraf. Ini mengobati depresi, kecemasan, ketegangan dan stres terkait insomnia.

Aromanya bisa membuat tubuh mengatur sistem sirkulasi dan menyeimbangkan fungsi tubuh seperti mengurangi tekanan darah. Pemakaian aromaterapi ylang-ylang juga bisa membantu meredakan sakit kepala dan mual, menormalkan tekanan darah, menstimulasi pertumbuhan rambut, serta mengendalikan produksi kelenjar minyak di dalam kulit.

8. Eucalyptus Si Aroma Terapi Yang Serba Bisa


Eucalyptus Si Aroma Terapi Yang Serba Bisa

Eucalyptus sudah lama dikenal sebagai obat untuk masalah pernapasan seperti batuk, pilek, asma, infeksi dada dan sinusitis. Aroma terapinya juga bisa meredakan peradangan, mengurangi demam, mengobati infeksi kulit dan mengurangi rasa sakit akibat luka bakar serta mengurangi ketegangan otot, mengobati rematik dan fibrositis serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Bergamot Salah Satu Keluarga Citrus Yang Aroma Terapinya Terkenal Banget


Bergamot Salah Satu Keluarga Citrus Yang Aroma Terapinya Terkenal Banget

Bergamot adalah salah satu jenis buah citrus yang kulitnya digunakan untuk mengekstraksi minyak esensial. Nama latin Bergamot adalah Citrus aurantiumvar, atau Citrus bergamia. Minyak bergamot memiliki aroma yang sangat manis, dan banyak digunakan untuk pengobatan di bidang perindustrian,

Aroma terapi bergamot bermanfaat untuk meredakan stres, menstimulasi liver untuk membersihkan zat-zat bersifat racun dari dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi masalah kulit seperti eksim, dan memperbaiki mood.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru