Ustaz Abdul Somad Dituding Hina Salib, Ahok: Harusnya Orang Kristen Biasa Saja Digituin
Instagram/basukibtp
Nasional
Ceramah Salib Ustaz Abdul Somad

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga enggan menyamakan kasus penistaan agama yang pernah menjeratnya pada 2017 silam dengan kasus ceramah salib Ustaz Abdul Somad.

WowKeren - Nama Ustaz Abdul Somad kini ramai diperbincangkan usai video ceramahnya viral di media sosial. Penceramah tersebut diduga menghina salib lantaran seolah menganggap ada jin kafir di dalamnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, lantas memberikan tanggapan. Ahok meminta umat Kristen bersikap biasa saja dalam menanggapi video viral tersebut.


Selain itu, Ahok juga enggan menyamakan kasus penistaan agama yang pernah menjeratnya dengan kasus Ustaz Abdul Somad. "Bedalah kasusnya," tutur Ahok setelah menjadi pembicara Seminar Wawasan Kebangsaan di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (19/8).

Ahok mengaku tak mau mempermasalahkan ceramah Ustaz Abdul Somad tentang salib tersebut. Ia menilai Ustaz Abdul Somad sendiri tak memahami makna salib bagi orang Kristen.

"Harusnya kalau orang Kristen biasa biasa saja digituin, karena bagi kami salib itu lambang mulia," jelas Ahok. "Kalau orang tak mengerti, salib dianggap itu macam-macam. Tapi tak mengerti bagi kami, salib adalah lambang kemuliaan Allah. Kita tak ada masalah."

Diketahui, Ahok pernah tersandung kasus penistaan agama pada 2017. Mantan Bupati Belitung Timur tersebut dinilai menghina agama Islam terkait komentarnya tentang penafsiran surat Al-Maidah ayat 51. Akibatnya, Ahok harus mendekam di penjara dan kini telah menyelesaikan masa tahanannya.

Di sisi lain, Ustaz Abdul Somad sendiri telah buka suara atas video ceramahnya yang viral dan menjadi kontroversi. Ustaz Abdul Somad mengungkapkan bahwa pernyataannya saat itu adalah dalam rangka menjawab pertanyaan dari para hadirin soal kedudukan Nabi Isa di sebuah pengajian tertutup.

"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola. Bukan di TV, tapi untuk intern umat Islam menjelaskan pertanyaan umat Islam mengenai patung dan tentang kedudukan Nabi Isa," kata Ustaz Abdul Somad saat mengisi pengajian di Masjid At-Taqwa, Indragiri Hulu, Riau, Sabtu (17/8). "Untuk orang Islam dalam sunah Nabi Muhammad."

Ia pun heran mengapa video ceramahnya baru viral sekarang. "Pengajian itu lebih 3 tahun lalu. Sudah lama, di kajian subuh Sabtu, di Masjid Annur, Pekanbaru. Karena rutin pengajian di sana, satu jam pengajian dilanjutkan diteruskan dengan tanya jawab, tanya jawab. Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang?" tegas UAS.

You can share this post!

Related Posts
Loading...