Jusuf Kalla Minta Video UAS Soal Ceramah yang Dianggap Hina Salib Diklarifikasi
Instagram/wapresri.go.id
Nasional

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengimbau agar para pemuka agama ketika berdakwah bisa memberikan pesan yang menyejukkan tanpa mengurangi rasa hormat ke umat beragama lain.

WowKeren - Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut menanggapi ramainya kontroversi video ceramah Ustaz Abdul Somad yang dianggap menghina salib. JK mengimbau agar para pemuka agama ketika berdakwah bisa memberikan pesan-pesan yang menyejukkan dan tetap mengedepankan prinsip menghormati satu sama lain.

"Ya pasti," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (20/8). "Pertama kita semua Islam, Kristen, Buddha dalam berdakwah maupun memberikan khotbahnya haruslah lebih adem, dan lebih menghormati satu sama lain."

Untuk itu, JK meminta agar video yang viral tersebut diklarifikasi dan meminta UAS agar mengikuti prosedur yang berlaku. "Apa yang terjadi pada Ustaz Somad itu tentu harus diklarifikasi. Karena juga banyak usulan, ya dilalui dengan proses di negeri ini," jelas JK.


Seperti diketahui, UAS tengah menjadi sorotan usai video ceramahnya beredar. Video tersebut viral lantaran dianggap menyinggung agama lain. Terkait hal ini, UAS sebenarnya sudah menyampaikan klarifikasinya.

Ia mengaku heran lantaran ceramah tersebut sudah disampaikan olehnya sejak tiga tahun lalu namun mengapa baru sekarang dipermasalahkan. Lagi pula, apa yang disampaikan olehnya juga untuk menjawab pertanyaan dari para jemaah.

"Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik saya tidak akan lari," kata UAS. "Saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut, karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa."

Sebelumnya, UAS sempat dilaporkan terkait videonya tersebut oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI Korneles Galanjinjinay menilai pernyataan Ustaz Abdul Somad yang mengaitkan salib dengan jin kafir tersebut dianggap dapat mengganggu ketenangan masyarakat.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait