Kemendagri Tutup Kemungkinan Bekasi Untuk Gabung Jakarta Sejak 2014
Nasional

Menanggapi wacana kota Bogor yang ingin bergabung dengan DKI Jakarta, Kemendagri menyebutkan jika kemungkinan tersebut telat tertutup. Alasannya pemerintah pusat telah melakukan memoratorium sejak tahun 2014 lalu.

WowKeren - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara tersirat menutup kemungkinan Kota Bekasi untuk bergabung dalam Provinsi DKI Jakarta yang santer terdengar belakangan ini. Terkait hal itu, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar mengatakan jika Pemerintah pusat masih memoratorium atau menghentikan sementara wacana pembentukan daerah otonom baru.

"Untuk pembentukan daerah otonom baru, baik pemekaran atau penggabungan, itu diatur undang-undang dan dibahas pemerintah dengan DPR. Tapi, kebijakan pemerintah hari ini terkait hal itu moratorium," jelas Bahtiar, Selasa (20/8).

Bahtiar menjelaskan jika kebijakan moratorium ini sudah disepakati sejak 2014 silam sejak awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ia juga menambahkan jika selama lima tahun belakangan ini, sudah ada setidaknya 314 daerah yang mengajukan pemekaran maupun penggabungan wilayah.

Sayangnya, hingga saat ini wacana tersebut tidak dapat direalisasikan karena moratorium ini. "Sampai hari ini pemerintah masih moratorium. Kalau ditanya sampai kapan, sampai batas waktu yang tidak ditentukan," kata Bahtiar.


Moratorium ini dilakukan karena karena pemerintah pusat sedang mencoba pendekatan baru dalam meningkatkan pelayanan publik. Sedangkan mayoritas yang berkeinginan untuk membentuk daerah otonom baru didasari karena pelayanan publik yang kurang baik.

"Jawabannya kan bisa dengan pembentukan daerah baru atau pelayanannya yang diperbaiki. Solusinya bagi masyarakat kan bukan soal daerah baru, tapi kepentingannya terlayani," tutur Bahtiar.

Meski begitu, Kemendagri mengapresiasi diskursus penggabungan Bekasi ke Jakarta, juga wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya yang dicetuskan oleh Wali Kota dan Kabupaten Bogor beberapa hari lalu. "Aspirasi kan tidak boleh dilarang. Tetapi, kebijakan pemerintah hingga hari ini ya moratorium," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri tersebut.

Sebelumnya, wacana penggabungan Bekasi ke DKI Jakarta telah menjadi topik panas yang diperbincangkan usai Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menolak wacana pemekaran wilayah Provinsi Bogor Raya yang direncanakan akan mencaplok Bekasi. Menurutnya, Bekasi akan lebih cocok untuk bergabung ke DKI Jakarta karena berbagai pertimbangan.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait