10 Daerah Ini Dikenal Lengang Tapi Punya Pemandangan Super Indah, Cocok Untuk Pencari Ketenangan
Travel

Beberapa daerah di Indonesia tergolong cukup lengang, namun memiliki pemandangan yang super indah, sehingga sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan ketenangan.

WowKeren - Kota biasanya identik dengan keramaian lalu lintas dan berbagai bangunan yang menambah kepadatan di dalamnya. Selain itu, penduduk di perkotaan biasanya juga sangat banyak, karena kota biasanya dijadikan sebagai tempat tujuan bagi para perantau.

Karena itu, kota biasanya selalu ramai dan hampir tak pernah sepi. Sehingga tidak sedikit yang merasa jenuh dengan berbagai macam kepadatan di kota.


Untuk mencari ketenangan, sebagian orang biasanya memilih untuk pergi berlibur ke daerah yang sepi dan tenang. Seperti pegunungan hingga pantai, agar mereka bisa menyegarkan pikirannya.

Beberapa daerah berkembang di Indonesia masih banyak yang lengang. Sebab wilayah ini cukup sepi, tidak padat oleh bangunan maupun penduduk. Karena itulah, beberapa daerah ini cocok dijadikan tempat tujuan untuk menyegarkan pikiran di hari libur. Nah mau tahu daerah mana saja yang tergolong sepi namun memiliki pemandangan super indah? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Berau di Kalimantan Timur, Kota Sepi dengan Pemandangan Alam yang Spektakuler


Berau di Kalimantan Timur, Kota Sepi dengan Pemandangan Alam yang Spektakuler

Berau dikenal sebagai salah satu daerah paling sepi di Indonesia. Kota yang terletak di Kalimantan Timur ini terkenal dengan pemandangan alam yang spektakuler. Berau bahkan dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan wisata penyelaman paling indah di dunia.

Sayangnya, Berau yang memiliki luas mencapai 34 kilometer persegi ini hanya dihuni oleh 6 penduduk saja per kilometer persegi. Jumlah ini tentu tidak sebanding dengan luas wilayah dan potensi yang dimilikinya. Sayangnya lagi, perhatian pemerintah cukup minim untuk warga Berau. Padahal keindahan alamnya sangat luar biasa dan cocok dijadikan objek wisata yang menarik.

2. Pemandangan Super Indah di Banyuwangi Jawa Timur Tidak Diimbangi dengan Jumlah Penduduk yang Banyak


Pemandangan Super Indah di Banyuwangi Jawa Timur Tidak Diimbangi dengan Jumlah Penduduk yang Banyak

Jika dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Jawa Timur, Banyuwangi tergolong cukup sepi. Karena meskipun wilayahnya cukup luas, di sana hanya ada sekitar 290 orang per kilometer persegi. Hal ini tentu cukup disayangkan, karena Banyuwangi menawarkan sejumlah keindahan yang luar biasa.

Keindahan Banyuwangi sendiri telah dikenal hingga ke mancanegara, Dan salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan adalah Kawah Ijen, sebuah gunung aktif yang dijadikan sebagai tambang belerang oleh penduduk setempat. Dan biasanya, turis asing mengunjungi tempat ini untuk memburu blue fire, cahaya berwarna biru yang ada karena fenomena belerang, yang hanya ada dua di dunia.

3. Jembrana di Bali Memiliki Pemandangan Sangat Indah Namun Sepi Penduduk


Jembrana di Bali Memiliki Pemandangan Sangat Indah Namun Sepi Penduduk

Jembrana adalah kabupaten yang terkenal paling lengang di antara kabupaten lainnya di Bali. Pasalnya kepadatan penduduk di kabupaten ini hanya sekitar 310 orang per kilometer persegi. Meskipun sepi, Jembrana menawarkan keindahan budaya lokal yang bisa membuat kita takjub.

Di antara wisata unggulan Jembrana adalah wisata desa budaya, dan Sangkaragung adalah desa wisata yang paling terkenal. Pasalnya desa ini dikenal sebagai sentra kesenian Jegong dan telah dikenal hingga ke penjuru dunia. Selain itu, Jembrana juga memiliki beberapa pantai yang bagus meskipun sepi. Sehingga Jembrana bisa banget kita kunjungi jika ingin menikmati alam sambil relaksasi.

4. Malinau di Kalimantan Utara Kaya Akan Wisata Budaya Meski Jumlah Penduduknya Sangat Sedikit


Malinau di Kalimantan Utara Kaya Akan Wisata Budaya Meski Jumlah Penduduknya Sangat Sedikit

Kabupaten Malinau yang terletak di Kalimantan Utara tergolong sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang cukup sepi. Pasalnya daerah yang awalnya digunakan sebagai tempat bermukim Suku Dayak Tidung ini hanya dihuni oleh sekitar 1-5 orang per kilometer persegi, sedangkan luas wilayahnya mencapai 40 kilometer persegi.

Malinau sendiri terkenal dengan wisata budayanya yang sangat kental. Selain itu, penduduk lokal juga sangat ramah dan akan menyambut pendatang dengan senang hati. Malinau sendiri saat ini sedang membangun wilayahnya dan melakukan perbaikan di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan dan juga pariwisata.

5. Murung Raya, Kabupaten Paling Lengang di Kalimantan Tengah yang Cocok Untuk Menenangkan Diri


Murung Raya, Kabupaten Paling Lengang di Kalimantan Tengah yang Cocok Untuk Menenangkan Diri

Murung Raya dapat dibilang cukup lengang jika dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan. Pasalnya kabupaten paling utara di Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 3 orang per kilometer persegi.

Meski demikian, Murung Raya menyimpan sejumlah potensi yang mengagumkan. Di antaranya adalah Monumen Ekuator yang berfungsi sebagai penanda jika Indonesia dilalui garis khatulistiwa, benteng peninggalan Belanda yang sangat besar dan berbagai kekayaan lainnya. Selain itu, Murung Raya juga merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri, sebab wilayah ini menyajikan wisata pedesaan adat yang akan membuat kagum.

6. Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Daerah Sepi yang Menyimpan Sejumlah Potensi Wisata


Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Daerah Sepi yang Menyimpan Sejumlah Potensi Wisata

Masyarakat di Kapuas Hulu yang terletak di Kalimantan Barat sering mengandalkan sungai dan perahu sebagai alat transportasi. Sayangnya, wilayah yang kaya akan potensi ini terbilang cukup sepi, karena kepadatan penduduk di sana hanya sekitar enam orang setiap kilometer perseginya.

Kapuas Hulu sendiri terkenal dengan wisata alam yang sangat memukau karena ada banyak hutan yang masih alami. Selain itu, wilayah ini juga memiliki banyak sekali kelompok seniman yang terbagi ke dalam lebih dari 60 sanggar seni. Sehingga jika kalian berkunjung ke wilayah ini, kalian akan mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda.

7. Kamu Akan Merasakan Ketenangan Jika Berkunjung ke Sumba Timur di NTB


Kamu Akan Merasakan Ketenangan Jika Berkunjung ke Sumba Timur di NTB

Sumba Timur di Nusa Tenggara Barat adalah salah satu daerah yang bisa memberikan ketenangan untukmu. Pasalnya tempat ini hanya memiliki kepadatan penduduk sekitar 30 orang saja per kilometer persegi. Selain itu, alam di Sumba Timur juga masih sangat alami dan belum banyak bangunan modern.

Di Sumba Timur, kita akan dapat menemukan eksotisme budaya yang telah bertahan sejak ratusan tahun silam. Misalnya kuburan batu hingga rumah adat asli yang menjadi tempat pelaksanaan upacara penguburan jenazah. Jadi saat berkunjung kesana, kita bisa menikmati pemandangan alam sekaligus belajar budaya setempat. Menarik banget kan?

8. Meski Cukup Sepi, Alor di NTT Dikenal Sebagai Surga Bagi Para Penyelam di Indonesia


Meski Cukup Sepi, Alor di NTT Dikenal Sebagai Surga Bagi Para Penyelam di Indonesia

Setelah NTB, kita beralih ke NTT atau Nusa Tenggara Timur. Wilayah di NTT yang cukup lengang adalah Alor, karena memiliki kepadatan penduduk sekitar 66 orang per kilometer persegi. Alor sendiri dikenal sebagai surga bagi para penyelam, sebab Alor menawarkan pemandangan laut yang sangat indah dan menakjubkan.

Selain itu, Alor juga memiliki wisata budaya, yakni Kampung Tradisional Takpala. Masyarakat yang tinggal di kampung ini memiliki kehidupan yang sangat bersahaja. Karena mereka hidup dengan alam, mengambil semua keperluan di hutan tanpa merusaknya. Mereka juga sangat ramah pada pendatang dan akan menampilkan tarian lego-lego untuk menyambut para tamu.

9. Pemandangan Alam di Dompu Akan Membuat Kagum Siapapun yang Berkunjung ke Sana


Pemandangan Alam di Dompu Akan Membuat Kagum Siapapun yang Berkunjung ke Sana
Instagram/pasapumonca

Dompu adalah salah satu wilayah di Nusa Tenggara Barat yang cukup lengang namun memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dompu sendiri hanya dihuni oleh sekitar 92 orang setiap kilometer perseginya. Meski demikian, Dompu dikenal sebagai salah satu daerah yang menghasilkan banyak produk alam berkualitas. Mulai dari madu hingga susu kuda liar berkualitas baik.

Selain itu, Dompu juga memiliki pemandangan pantai hingga savana yang sangat indah. Di pantai, para turis biasanya melakukan surfing karena ombak di sana sangat cocok untuk olahraga ini. Sedangkan di savana, para wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan pacuan kuda yang sudah sangat membudaya di masyarakat.

10. Pacitan di Jawa Timur, Daerah yang Lengang Namun Memiliki Banyak Wisata Menakjubkan


Pacitan di Jawa Timur, Daerah yang Lengang Namun Memiliki Banyak Wisata Menakjubkan

Daerah selanjutnya yang terbilang cukup lengang namun memiliki pemandangan menakjubkan adalah Pacitan. Daerah yang terletak di Jawa Timur ini sendiri memiliki kepadatan penduduk sekitar 390 orang per kilometer persegi. Angka ini tergolong sangat rendah jika dibandingkan dengan kota atau kabupaten lain di Jawa Timur.

Meski demikian, Pacitan memiliki sejumlah potensi alam yang menakjubkan, mulai dari pantai hingga gua. Di antara destinasi populer di Pacitan adalah Pantai Klayar dan Gua Gong yang terkenal akan keindahannya. Karena itu ada banyak pengunjung yang rela datang dari jauh untuk menikmati alam dengan tenang di Pacitan.

Demikian 10 daerah paling sepi di Indonesia dengan pemandangan menakjubkan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kalian ingin mencari destinasi wisata di Indonesia yang jadi favorit para turis, simak artikelnya di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan milik luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait