Muktamar PKB Hasilkan Deklarasi Bali, Dorong Moderasi Islam di Indonesia
https://setkab.go.id/
Nasional

Menurut PKB, mempromosikan Islam Nusantara bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai konflik yang tengah terjadi yang mengatasnamakan agama hingga menimbulkan korban jiwa.

WowKeren - Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah dilaksanakan pada Rabu (21/8). Adapun muktamar tersebut menghasilkan Deklarasi Bali yang melahirkan 9 sikap politik PKB.

Salah satunya mengenai mempromosikan Islam Nusantara dan moderasi Islam di Indonesia. Menurut PKB, mempromosikan Islam Nusantara bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai konflik yang tengah terjadi yang mengatasnamakan agama.

"Sebagai negara Muslim terbesar di dunia Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk terus mengkampanyekan moderasi Islam," bunyi salah satu poin deklarasi tersebut seperti dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (22/8). "Dalam rangka memperbaiki peradaban dan menciptakan tata dunia yang damai."


Sementara itu, Muhaimin Iskandar atau yang disapa Cak Imin, selaku Ketua Umum PKB menilai bahwa poin-poin yang terkandung dalam Deklarasi Bali tersebut akan disambut baik oleh masyarakat. Sehingga masyarakat akan semakin mendukung mereka. Terlebih lagi PKB merupakan salah satu parpol koalisi pemerintah yang akan mendukung kepemimpinan Joko Widodo alias Jokowi selama lima tahun kedepan.

"Insya Allah kita jadi bagian dari pemerintah," kata Cak Imin. "Jadi bagian dari Jokowi-Ma'ruf Amin untuk wujudkan peradaban Indonesia yang adil makmur maju dan sejahtera."

Selain itu, Deklarasi Bali tersebut juga menghasilkan sejumlah sikap politik. Salah satunya untuk mengawal dan memperkokoh Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI dan UUD 1945. Oleh sebab itu, PKB mendukung jika tidak ada lagi ideologi lain selain Pancasila.

Selanjutnya, PKB juga akan berkomitmen untuk bekerja secara totalitas dan mengabdikan seluruh jajaran anggota politik mereka untuk melayani dan membela yang lemah. Selain itu, PKB juga akan mendorong pembangunan sumber daya manusia dan bidang pendidikan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait