Menteri Sofyan Ungkap Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Baru
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Sebelumnya pilihan lokasi pasti Ibu Kota baru Republik Indonesia sudah mengerucut pada 3 provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

WowKeren - Wacana pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan memang terus disorot masyarakat. Setelah sekian lama membiarkan warga Indonesia berspekulasi sendiri, akhirnya lokasi pasti Ibu Kota baru diumumkan ke publik.

Informasi terbaru menyebut lokasi Ibu Kota baru Republik Indonesia adalah di Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil saat ditemui awak media di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.


Kendati demikian, tutur Sofyan, pihaknya belum menentukan lokasi spesifik Ibu Kota tersebut. "Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," ujar Sofyan, Kamis (22/8).

Lebih lanjut, jelas Sofyan, pemerintah akan menyiapkan lahan seluas tiga ribu hektare untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas lahan keseluruhan yang diperlukan adalah 200 sampai 300 hektare.

"Sehingga bisa bikin kota indah, banyak taman kotanya. (Nantinya) orang bisa hidup sehat, udara bersih," tutur Sofyan, dilansir dari Detik Finance. "Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi."

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo sudah sempat "menawarkan" tiga pilihan soal lokasi Ibu Kota baru kepada masyarakat. Lewat akun Instagram-nya, @jokowi, Presiden ke-7 RI itu menyebutkan tiga provinsi, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan," tulis Jokowi, Kamis (8/8). "Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan."

Dari ketiganya, Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah lah yang paling banyak diduga menjadi lokasi Ibu Kota baru. Bahkan masyarakat Kalimantan Timur sudah "percaya diri" pusat pemerintahan Tanah Air akan dipindah ke daerah mereka.

Di sisi lain, pengumuman soal lokasi pasti Ibu Kota ini sudah dinantikan masyarakat sejak Juli 2019 lalu. Pasalnya, Jokowi menjanjikan akan mengungkapkan detail lokasi pada Agustus 2019.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut Jokowi siap mengumumkan lokasi pasti Ibu Kota pada sidang tahunan MPR RI, Kamis (16/8) lalu. Namun rencana tersebut akhirnya diundur dan baru diumumkan hari ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...