Kebakaran Besar di Hutan Amazon Disebabkan Ulah Manusia?
Dunia

Ulah manusia yang memanfaatkan hutan dengan cara membakar lahan dianggap sebagai penyebab kebakaran hebat yang terjadi di hutan Amazon hingga berpotensi mengganggu iklim global.

WowKeren - Kebakaran besar yang terjadi di Hutan Amazon cukup menjadi perhatian dunia. Pasalnya, hutan di sana dianggap sebagai paru-paru dunia yang bertanggung jawab menyediakan 20 persen dari total oksigen di bumi.

Penyebabnya pun masih belum diketahui secara pasti. Organisasi lingkungan dan para peneliti mengatakan jika kebakaran tersebut disebabkan oleh ulah manusia.

Direktur Program Organisasi Nirlaba Amazon Watch, Christian Poirier, mengatakan bahwa kebakaran sejatinya tidak mudah terjadi di hutan Amazon, bahkan di musim kemarau sekalipun. Kondisi di sana jauh berbeda dari hutan semak yang ada di California maupun Australia. "Sebagian besar kebakaran disebabkan oleh ulah manusia," katanya Seperti dilansir dari CNN, Jumat (23/8).


Para penebang kayu maupun peternak, seringkali menggunakan cara instan untuk memanfaatkan suatu lahan dengan melakukan pembakaran. Hal inilah yang diyakini Poirier sebagai penyebab utama kebakaran besar yang tak biasa. Seperti diketahui, ada lebih dari 70 ribu titik api dalam kebakaran tersebut. Bahkan, api yang berkobar bisa dilihat hingga luar angkasa.

Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (National Institute for Space Research/INPE) mengatakan bahwa titik api yang tersebar di Brazil meningkat 80 persen dibanding tahun sebelumnya. Lebih dari setengahnya berada di region Amazon.

Masih dilansir dari CNN, Seorang ilmuwan senior INPE Alberto Setzer mengatakan bahwa 99 persen kebakaran disebabkan oleh ulah manusia baik yang disengaja maupun tidak. Adapun skala penyebabnya juga beragam, mulai dari pertanian dalam skala kecil hingga deforestasi untuk proyek agribisnis.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidul Brazil Ricardo Salles mengatakan bahwa kebakaran disebabkan oleh alam seperti cuaca kering, angin, hingga suhu yang panas. Namun, menurut ahli meteorologi CNN Haley Brink, penyebab kebakaran tersebut tidak ada hubungannya dengan alam, melainkan ulah manusia sendiri.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait