Buka Lowongan Besar-besaran, Menteri Rini Soemarno Ingin BUMN Rekrut 50 Ribu Karyawan
Instagram/kementerianbumn
Nasional

Menteri BUMN Rini Soemarno menilai minat masyarakat untuk bekerja di perusahaan milik pemerintah cukup besar. Hal itu terbukti dari banyaknya jumlah pelamar.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana membuka lowongan besar-besaran di perusahaan milik pemerintah. Bahkan, Rini ingin agar BUMN merekrut 50 ribu karyawan baru.

"Saya harap tahun-tahun ke depan kita sudah bisa rekrut 50 ribu," kata Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8). "Sehingga untuk melakukan itu BUMN-nya harus naik 10 kali lipat."

Meski demikian, BUMN juga membuka lowongan kerja untuk tahun ini. Pembukaan lowongan kerja di perusahaan berplat merah dilaksanakan melalui seleksi program perekrutan bersama (PBB).

Masyarakat yang berminat untuk bekerja di perusahaan pemerintah cukup banyak. Hal itu terlihat dari jumlah pelamar yang mencapai satu juta orang. Namun, jumlah yang lolos hanya berkisar ribuan, yakni sekitar 3.310 peserta.


Untuk itu, Rini berharap agar nantinya jumlah ini bisa ditingkatkan. "Tentu kita bangga bahwa yang ingin jadi karyawan BUMN banyak sekali. Yang saya sedih kita baru bisa input 3.300," imbuh Rini.

BUMN diharapkan bisa semakin meningkatkan kapasitasnya. Dengan begitu, jumlah tenaga kerja yang akan terserap juga akan lebih banyak. Rini melihat bahwa dalam 10-20 tahun ke depan, tingkat kompetisi akan semakin ketat. Ia meminta agar BUMN mengoptimalkan Generazi Z. Generazi Z merupakan mereka yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010.

"Saya titip kepada direksi BUMN, BUMN perlu optimalkan Generasi Z ini," jelas Rini. "Karena kalau kita lihat 10-20 tahun mendatang, kompetisinya sangat beda dibanding 10 tahun lalu. Kita butuh pemikiran Generasi Z untuk lebih unggul ke depan."

Sementara itu, para peserta yang lulus seleksi perekrutan BUMN telah melaksanakan inaugurasi dan diberi arahan langsung dari Rini. Inaugurasi tersebut digelar di halaman Kementerian BUMN pada Jumat (23/8). "Hari ini kita bisa rekrut total 3.310 putra putri terbaik bangsa untuk bergabung ke keluarga besar BUMN," kata Rini dalam sambutannya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait