Siap-Siap! Jokowi Bakal Umumkan Lokasi Baru Ibu Kota RI Siang Ini
Nasional

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi mengatakan bahwa dirinya masih menunggu 1-2 hasil kajian sebelum mengumumkan lokasi ibu kota yang baru.

WowKeren - Masyarakat Indonesia dibuat semakin penasaran dengan lokasi ibu kota Indonesia yang baru. Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil sempat mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur lah yang akan menjadi lokasi ibu kota yang baru sebelum akhirnya meralat pernyataannya itu.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi rencananya akan mengumumkan lokasi ibu kota yang baru Senin (26/8) siang ini. Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah oleh Youtube resmi milik Sekretariat Presiden.

"Presiden Joko Widodo akan melakukan konferensi pers terkait pemindahan ibu kota negara di Istana Negara, Senin 26 Agustus 2018 pada pukul 13.00 WIB," demikian deskripsi video yang bertajuk "Upcoming LIVE | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru". Adapun pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung melalui akun tersebut.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak Istana. "Ya betul (akan mengumumkan lokasi ibu kota baru)," kata Staf Khusus Presiden Adita Irawati saat dikonfirmasi lewat pesan singkat seperti dilansir dari CNN Indonesia, Senin (26/8).


Sejauh ini, Kalimantan telah dipastikan sebagai lokasi ibu kota yang baru. Meski demikian, dimana lokasi tepatnya masih belum diketahui. Sejumlah nama provinsi digadang-gadang akan menjadi lokasi ibu kota baru termasuk Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Jokowi sendiri sebelumnya masih menunggu kajian terkait pembangunan ibu kota yang baru. "Akan kita umumkan pada waktunya, masih menunggu kajian, tinggal satu, dua kajian yang belum disampaikan kepada saya," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8).

Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebelumnya juga menyatakan pihaknya telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibu kota yang baru. Kajian tersebut sudah diserahkan kepada Jokowi untuk diperiksa.

"Jadi sudah kami serahkan," kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/8). "Dan Presiden akan melihat dan mereview, dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru