Anies Sentil Pihak Yang Sangsi Soal Rumah DP Rp 0: Tugas Kami Mengecewakan Mereka yang Pesimis
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Meski banyak masyarakat yang menyambut baik program rumah DP nol rupiah Anies Baswedan, namun tak sedikit pula yang menyangsikan jika program tersebut benar-benar terlaksana.

WowKeren - Program rumah DP 0 rupiah yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat ibu kota. Namun meski demikian, tak sedikit juga yang menyangsikan keberhasilan program tersebut.

Saat meresmikan program tersebut, dalam sambutannya Anies sempat menyinggung pihak-pihak yang menurutnya ragu jika program ini akan terlaksana. "Tugas kami memang untuk mengecewakan. Mengecewakan orang-orang yang pesimistis terhadap rencana kami," kata Anies.

Anies menilai bahwa pada dasarnya masalah di ibukota terkait hunian adalah harga properti yang kian meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan banyak warga Jakarta yang masih harus tinggal di rumah sewa.

Ia menyebutkan bahwa salah satu kendala terbesar ketika masyarakat ingin memiliki rumah adalah uang muka yang cukup besar. Oleh sebab itu, ia berharap dengan kehadiran program DP 0 rupiah bisa mengurangi ketimpangan di Jakarta.


"Karena mereka (warga) tidak terbawa dalam peningkatan eskalator peningkatan nilai properti," jelas Anies. "Karena itu yang harus dilakukan adalah mencari terobosan warga yang biasanya menyewa, bisa memiliki. Ternyata kendalanya bukan membayar bulanan melainkan membayar uang muka. Kita carikan skemanya."

Lebih jauh, para penghuni rumah DP nol rupiah tersebut juga nantinya akan diuntungkan dari segi transportasi. Ke depan, ia berencana agar lokasi hunian bisa terintegrasi dengan titik-titik transportasi publik. Ia mengaku bahwa pihaknya sudah menyiapkan rute-rute yang diperlukan.

"Kami juga mendorong penghuni kendaraan untuk menggunakan kendaraan umum," lanjut Anies. "Kami sudah siapkan rutenya. Lagi-lagi, kita membangun Jakarta bukan dengan spontanitas tapi dengan gagasan, dengan ketersambungan."

Tingginya animo masyarakat terhadap program rumah ini membuat Pemprov DKI membuka pendaftaran gelombang kedua. Saat gelombang pertama, program tersebut mampu menarik minat lebih dari 2.000 pendaftar. Jumlah tersebut mengerucut jadi 1.790 orang usai Pemprov melakukan seleksi. Sebab, tak sedikit dari mereka yang tergolong mampu hingga memiliki mobil mewah.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait