Heboh Ria Ricis Dituding Makan Gurita Hidup, Ternyata Seperti Ini Bahayanya
Selebriti

Namun sebenarnya dibalik tren tersebut, makan gurita dalam kondisi bergerak atau bahkan hidup sangatlah berbahaya. Bahkan hal itu dapat menyebabkan hal paling fatal yaitu kematian.

WowKeren - Ria Ricis lagi-lagi membuat masyarakat heboh serta geram. Usai video pamit yang banyak menuai cibiran, kali ini ia kembali membuat ulah.

Adik dari pendakwah Oki Setiana Dewi ini mengunggah sebuah video pengalaman pertamanya memakan gurita mentah. Bahkan Ricis seolah mengaku bahwa gurita tersebut sebenarnya masih hidup.

Video yang diberi judul ''Pertama Kali Makan Gurita Hidup! Mukbang Korea Tersiksa!'' diunggah pada Kamis (22/8). Selain mendapat kritikan netter, video tersebut juga mendapat kecaman dari komunitas pecinta satwa, Garda Satwa.

Melalui akun Instagram-nya @gardasatwafoundation, mereka menyebut bahwa konten yang diunggah oleh Ria Ricis mengandung unsur kekerasan. Sebagai seorang YouTuber Ria Ricis dianggap tidak seharusnya menampilkan hal seperti itu pada kontennya.

Seakan menelan ludahnya sendiri, usai menyebut pada video jika gurita tersebut mentah ia segera mengklarifikasi jika gurita yang ia makan sebenarnya sudah mati. Gurita tersebut tampak bergerak karena pengaruh garam dan bumbu-bumbu yang membuat ototnya mengalami kontraksi.

Namun sebenarnya dibalik tren tersebut, makan gurita dalam kondisi bergerak atau bahkan hidup sangatlah berbahaya. Bahkan hal tersebut dapat menyebabkan hal paling fatal yaitu kematian.


Contohnya saja pada kasus seorang perempuan Korea Selatan yang meninggal setelah 16 hari dirawat akibat memakan gurita hidup-hidup. Meski demikian, ungkap Tschiesche seorang ahli gizi, jika mengetahui tekniknya maka memakan gurita hidup akan tetap aman.

"Itu (memakan gurita hidup atau bergerak) tidak direkomendasikan,'' ujar penulis dan ahli gizi Jenny Tschiesche pada Minggu (1/9). ''Ada bahaya tersedak terutama dari pengisap atau tentakel yang tersangkut di bagian dalam tenggorokan, ini akan menyebabkan penyumbatan."

"Misalnya seperti dalam video dari seri Vice's Munchies yang menjelaskan bagaimana koki memasak dan menyiapkan gurita sehingga pelanggan yang memakannya tidak tersedak sampai mati," ucapnya. "Tetapi jika kau mencoba memakan potongan besar, itu bisa tersangkut di tenggorokanmu. Dan saat itulah kamu mengalami kecelakaan dan mati.''

Seorang kepala koki Kim Sang Jin menambahkan, untuk memakan gurita dalam keadaan hidup haruslah memegang kepalanya dan meremas tentakel ke arah bawah untuk mengeluarkan lendir. Dengan cara seperti itu maka gurita tidak akan menyerang balik.

Meski terlihat berbahaya dan sedikit menakutkan, jika hati-hati nyatanya memakan gurita hidup-hidup sangat baik untuk meningkatkan kadar gula darah. Gurita hidup mengandung taurin yang sangat murni.

"Tetapi jika kau mencoba memakan potongan besar, itu bisa tersangkut di tenggorokanmu,'' sambungnya. ''Dan saat itulah kamu mengalami kecelakaan dan mati.''

Seperti yang diketahui pada video yang diunggah Ria Ricis bahkan memakan gurita tersebut dalam potongan besar. Setelah menuai banyak kecaman hingga saat ini video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 5 juta viewers.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait