7 Jenis Kari di Dunia Ini Punya Rasa Khas Yang Berbeda Meski Namanya Sama!
Kuliner

Kari sendiri telah menyebar luas di banyak negara di dunia. Tiap negara diketahui memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu.

WowKeren - Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Meskipun hanya sebuah masakan namun kata "kari" sendiri memiliki banyak arti loh. Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Sedangkan dalam bahasa Tamil Kari berasal dari kata kerja "karughi" yang berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar).


Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Sementara di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.

Oleh karena itu, kari sendiri telah menyebar luas di banyak negara di dunia. Tiap negara diketahui memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis kari yang ada di dunia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kari Jepang Yang Biasa Dimakan Dengan Katsu


Kari Jepang Yang Biasa Dimakan Dengan Katsu

Kari Jepang biasa disebut juga curry rice. Namun meskipun berasal dari Jepang, kari ini sebetulnya berakar dari kuliner Inggris. Makanan ini diperkenalkan kepada warga negeri sakura pada masa pemerintahan Meiji. Kari ini paling enak disajikan dengan nasi putih dan potongan katsu, namun warga Jepang juga punya kari udon yang disajikan bersama mi tebal dan roti kari.

Kari di Jepang biasanya dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel, bawang bombay, tomat, dan kentang. Jenis daging yang populer digunakan adalah sapi, ayam, dan babi. Bahan-bahan yang tak umum seperti cokelat, semangka, dan apel juga bisa dimasukkan ke dalam kari.

2. Kari Arab Yang Biasa Dinikmati Dengan Nasi Biryani


Kari Arab Yang Biasa Dinikmati Dengan Nasi Biryani

Kari di Arab biasanya populer dengan nama karahi. Tak seperti kari Jepang, kari ini sering dimasak dengan daging ayam atau daging domba. Hal ini sesuai dengan mayoritas daging yang dikonsumsi di negara yang mempunyai suhu kering tersebut.

Selain itu yang membedakan antara karahi dengan kari dari negara lain adalah proses pemasakkannya. Kari Arab ini memiliki banyak rempah seperti bawang putih, cuka, tomat, dan ketumbar. Hampir sama seperti di India, karahi juga bisa dinikmati dengan roti maryam atau nasi biryani.

3. Kari India Dengan 25 Rempah Dan Disajikan Dengan Roti Maryam


Kari India Dengan 25 Rempah Dan Disajikan Dengan Roti Maryam

Di India sendiri, jenis kari sangat beragam. Berbagai macam bahan ditambahkan kedalam mulai dari daging hingga buah yang tak masuk akal seperti semangka. Kari yang paling familiar adalah kari berkuah cokelat pekat mirip rendang khas Indonesia.

Dalam membuat kari ini, butuh sekitar 25 jenis rempah agar rasanya bisa kuat dan aromanya khas. Rempah tersebut antara lain cabe, kunyit, jahe, ketumbar, cengkeh, merica, kapulaga, kayu manis, biji jinten, bawang putih, pala, bubuk paprika dan bahan-bahan lainnya dikombinasikan menjadi satu. Orang India biasa menikmati kari mereka dengan roti canai atau nasi.

4. Kari Indonesia Yang Kaya Banget Dengan Rempah-rempah


Kari Indonesia Yang Kaya Banget Dengan Rempah-rempah

Perlu kalian ketahui bahwa kari di Indonesia juga beragam banget. Masakan seperti sate Padang dan gulai ternyata juga termasuk dalam jenis kari dengan sedikit rempah loh. Rempah-rempah yang digunakan untuk kari di Indonesia biasanya lebih kompleks, seperti daun jeruk purut, serai, lengkuas, daun salam, kemiri, kunyit, terasi, jintan, ketumbar, dan santan.

Selain rempahnya yang beragam, bahan utama lauk yang diolah dengan bumbu kari juga banyak mulai dari ayam, daging, ikan, hingga otak sapi. Selain itu ada pula kari Indonesia yang kering seperti rendang, serta yang berkuah seperti gulai dan kari ayam.

5. Kari Pakistan Yang Sedikit Mirip Dengan Kari Arab


Kari Pakistan Yang Sedikit Mirip Dengan Kari Arab

Kari dari Pakistan ini memang hampir mirip dengan punya Arab, namun meski begitu tetap ada perbedaan yang membuat kari ini menjadi lebih khas. Kari di Pakistan disebut karahi dan sama seperti Arab yang kebanyakan menggunakan daging domba.

Tapi meski begitu, sejumlah wilayah punya rempah yang berbeda loh. Salah satu contohnya yakni kari dari Lahore yang menambahkan bawang putih dan cuka ke dalam bumbunya, sedangkan kari dari Peshawar memakai garam, tomat, dan ketumbar.

6. Kari Thailand Yang Enggak Seberat Kari Lainnya


Kari Thailand Yang Enggak Seberat Kari Lainnya

Kari dari Thailand ini memiliki rasa yang ringan dan enggak berat dibanding dengan kari negara lain. Kari Thailand punya karakteristik yang lebih lembut dengan kuahnya yang cair. Uniknya, kari di sana punya beberapa warna, tergantung bahan utama bumbunya.

Ada kari merah yang memakai cabai merah dan cabai rawit. Selain itu ada juga green curry atau kari hijau dengan kuah keruh dan menggunakan cabai hijau, dan kari kuning memanfaatkan kunyit dan jintan yang rasanya hampir mirip kari India.

7. Kari Malaysia Yang Rempahnya Unik Banget


Kari Malaysia Yang Rempahnya Unik Banget

Meskipun masih satu rumpun dengan Indonesia, tapi kari Malaysia punya bahan utama dan rempah yang berbeda loh. Negeri Jiran ini terkenal dengan nasi kandar, yakni nasi dengan berbagai jenis kari. Kari ini juga memiliki bahan utama yang beragam seperti daging sapi, kambing, terung, telur, dan sebagainya.

Intip juga jenis makanan khas Indonesia yang sudah mendunia di sini. Jangan lupa juga untuk intip rekomendasi warung makan penyetan legendaris di Surabaya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel