Polisi Berikan Update Terbaru Terkait Skandal Narkoba B.I
Selebriti

Polisi telah mengkonfirmasi bahwa Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan akan melakukan penyelidikan mereka sendiri atas kasus dugaan penggunaan narkoba B.I.

WowKeren - Setelah tiga bulan kasus narkoba B.I bolak-balik dari tangan polisi ke kejaksaan, kini diputuskan bahwa pihak kepolisian akan menggelar penyelidikan sendiri. Hal tersebut diungkapkan Bae Yong Ju, Komisaris Jenderal Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan pada hari ini, Senin (2/9).

Dugaan penggunaan narkoba oleh B.I pertama kali diangkat oleh Dispatch pada 12 Juni ketika mereka melaporkan bahwa mantan personel iKON tersebut diduga mencoba membeli obat-obatan terlarang pada 2016. Setelah itu, B.I merilis pernyataan pribadi di mana ia meminta maaf karena menyebabkan masalah dan mengumumkan dirinya hengkang dari iKON dan YG Entertainment.


Kemudian, KBS melaporkan bahwa polisi dan kejaksaan gagal melakukan investigasi yang tepat terhadap dugaan penggunaan narkoba B.I pada 2016 dan bahwa Yang Hyun Suk berusaha mempengaruhi kesaksian informan kunci "A" tentang B.I pada saat itu.

Informan "A" juga melaporkan kepada Komisi Anti-Korupsi dan Hak Sipil tentang kecurigaan hubungan korup YG Entertainment dengan polisi. "A" sebagai tambahan mengatakan Yang Hyun Suk telah mengancam dirinya untuk mengubah pernyataan awalnya tentang B.I.

Setelah itu, Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan mengungkapkan bahwa mereka membentuk tim eksklusif yang akan bertugas menyelidiki semua kecurigaan yang muncul dari dugaan upaya B.I untuk membeli dan menggunakan narkoba. Sementara Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Selatan awalnya ingin melakukan penyelidikan sendiri, hal-hal menjadi lebih rumit ketika Komisi Anti-Korupsi dan Hak-Hak Sipil dan "A" meminta jaksa penuntut untuk menyelidiki kecurigaan hubungan YG dengan polisi.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul, tempat kasus pelapor diajukan, tidak memiliki yurisdiksi untuk mengarahkan penyelidikan Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Selatan tentang kasus B.I karena kantor mereka berada di distrik yang berbeda. Tetapi Pengadilan juga tidak dapat mengabaikan permohonan "A" bahwa ia tidak ingin polisi menyelidiki kasus ini karena kecurigaan hubungan mereka dengan YG Entertainment. Akibatnya, Pengadilan Distrik Pusat Seoul harus mempertahankan kasus ini selama lebih dari dua bulan sebelum memulai penyelidikan secara resmi.

Dua setengah bulan kemudian, polisi telah mengkonfirmasi bahwa Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan akan melakukan penyelidikan mereka sendiri. Komisaris Jenderal Bae Yong Ju mengatakan pada 2 September, "Secara internal diputuskan bahwa polisi akan menyelidiki kecurigaan mereka sendiri."

Menanggapi permohonan "A" yang tak ingin polisi menyelidiki kasus ini, Bae Yong Ju berkata, "Kami saat ini berusaha meyakinkan ('A'). Karena pengacara (dari 'A') agak yakin, kami berharap ('A') juga setuju dengan polisi yang melakukan penyelidikan."

Bae Yong Ju juga menjelaskan bahwa ini tidak berarti bahwa kasus tersebut akan ditransfer dari Pengadilan Distrik Pusat Seoul ke Pengadilan Distrik Suwon, yang merupakan pengadilan yang berada di distrik yang sama dengan Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan. Ini berarti bahwa sementara Bae Yong Ju meminta Pengadilan Distrik Pusat Seoul untuk menyerahkan hak untuk menyelidiki kasus tersebut ke Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan, kejaksaan tidak menyetujui permintaan tersebut, tetapi mereka membiarkan polisi membuka penyelidikan sendiri.

You can share this post!

Related Posts
Loading...