Jokowi Diminta Blak-Blakan Ungkap Alasan Detail Mengapa Ibu Kota Harus Dipindah
Nasional

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politik Median Rico Marbun menilai bahwa pemerintah harus bisa meyakinkan publik mengapa dilakukan pemindahan ibu kota, termasuk sumber anggaran ratusan triliun rupiah.

WowKeren - Kontroversi rencana pemindahan ibu kota masih belum usai. Direktur Eksekutif Lembaga Survei Politik Median Rico Marbun menilai Presiden Joko Widodo alias Jokowi harus bisa memberikan alasan yang detail terkait pemindahan ibu kota. Selain itu, Rico juga menyoroti anggaran yang diperlukan untuk memindahkan ibu kota tersebut.

"Harusnya diskursus publik, ini sekarang kajian akademik ibu kota kita kan nggak tahu," kata Rico di Jakarta Pusat, Selasa (3/9). "Katanya hanya Rp 400 triliun itu angka dari mana ya, kemudian kenapa tempat itu dipilih."

Masyarakat, dikatakannya, harus tahu alasan dibalik pemerintah memindahkan dan memilih ibu kota ke Kalimantan Timur. Dengan begitu, publik bisa tahu sejauh mana keputusan tersebut dijalankan oleh pemerintah. Sebab, tak sedikit pemindahan ibu kota di negara lain yang tidak berjalan efisien.

"Yang masyarakat butuhkan itu adalah ini kajian akademik bagaimana? Benar nggak ini bisa efisien?" tegas Rico. "Benar nggak dengan dipindahkan ibu kota itu segala sesuatunya bisa terjadi lebih baik? jangan seperti misalnya contoh di beberapa negara lain yang kita lihat pemindahan ibu kota itu, akhirnya hanya menjadi monumen saja begitu ya."


Selain itu, Rico juga menuturkan bahwa sebelum rencana ini benar-benar dilaksanakan, maka pemerintah seharusnya telah merampungkan undang-undang terkait pemindahan ibu kota. Sebab, pemindahan ibu kota tidak bisa jika dilakukan begitu saja.

"Pak Jokowi sudah mengambil keputusan, akan tetapi seperti kita ketahui bersama bahwa itu tidak serta merta harus bisa langsung berjalan," tutur Rico. "Harus pastikan dulu ada perubahan undang-undang dulu, kan harus dibahas di DPR."

Ia menjelaskan bahwa penting bagi pemerintah untuk meyakinkan masyarakatnya. Jika pemindahan ibu kota dimaksudkan untuk menggenjot perekonomian, maka harus dijelaskan lebih mendetail seberapa besar manfaat yang akan didapatkan.

"Sekarang ini lah maksud saya pemerintah harus berusaha sekuat tenaga meyakinkan publik, dan membuka data seluas-luasnya," tegas Rico. "Ini loh sebenarnya alasan kenapa kita harus pindah, ini loh akan lebih efisien ekonomi akan meningkat sekian persen dan seterusnya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait