Ma'ruf Amin Sarankan Ikuti Cara Gus Dur untuk Selesaikan Masalah Papua
Nasional

Sebelumnya, Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pernah melakukan pendekatan budaya pada masyarakat papua dengan mengubah nama Irian jaya.

WowKeren - Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin ikut menanggapi ramainya isu Papua yang belum selesai hingga saat ini. Ma'ruf menilai bahwa untuk menyelesaikan masalah Papua, pemerintah tidak cukup jika hanya melakukan pendekatan keamanan dan penertiban saja.

Namun, perlu adanya pendekatan budaya. Hal itu seperti yang pernah dilakukan oleh Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. "Kami (dengan tokoh NU) sudah berbincang supaya penyelesaian Papua itu tidak hanya dilakukan pendekatan keamanan dan penertiban, tapi juga perbaikan pendekatan budaya," kata Ma'ruf di Banten, Selasa (3/9).

Pendekatan budaya yang pernah dilakukan oleh Gus Dur dilakukan dengan mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua. Hal itu dianggap mampu menumbuhkan semangat kemanusiaan di Papua dari segala bentuk diskriminasi. Tak heran jika masyarakat Papua sangat menghargai Gus Dur sampai sekarang.


"Oleh karena itu orang Papua kepada Gus Dur khususnya dan NU sangat simpati dan menghargai," ujar Ma'ruf. "Apa yang dilakukan Gus Dur harus dilakukan PBNU yaitu pendekatan budaya."

Sebelumnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif menuturkan bahwa masalah Papua tak cukup jika hanya dilakukan pendekatan sosial ekonomi. Menurutnya, harus ada pendekatan khusus psikoantropologis dengan memahami kondisi masyarakat.

"Tingkatkan kearifan. Baik dari Papua, Jakarta, (kedepankan) arif semua," tutur Syafii di Padang, Selasa (3/9). "Papua ini masuk ke Indonesia itu kan bukan tahun 1945. Jadi tidak sama dengan Aceh, tapi belakangan. Itu yang harus dipahami. Jadi harus ada pendekatan di samping sosial ekonomi, tapi juga psikoantropologis."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru