Wiranto Bantah Minta Bantuan AS Terkait Permasalahan di Papua
Nasional

Wiranto membantah adanya anggapan yang menyebutkan jika pemerintah Indonesia telah meminta bantuan pada Amerika Serikat dalam menyelesaikan masalah di Papua.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto membantah jika pihaknya dan pemerintah telah meminta bantuan dari Amerika Serikat sebagai upaya untuk menyelesaikan kasus yang terjadi di Papua. Wiranto menegaskan jika negara lain tidak memiliki wewenang untuk mencampuri urusan yang terjadi di Indonesia.

Menkopolhukam ini menjelaskan jika setiap negara harus saling menghormati teritorial negara lain. Oleh sebab itu, tidak dibenarkan jika negara lain ikut campur dalam permasalahan internal negeri lainnya.

"Gak ada minta tolong, minta tolong itu. Ini kondisi negeri kita sendiri," kata Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta pada Selasa (3/8). "Antarnegara saling menghormati teritorial negara lain. Tidak mungkin suatu negara itu ikut campur urusan negara lain."

Wiranto menegaskan jika Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam menyelesaikan masalah yang terus berkecamuk di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan caranya sendiri tanpa bantuan negara lain. Ia juga menegaskan jika wilayah Papua akan selalu menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk terus berusaha menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi.


"Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita, Papua-Papua Barat itu bagian sah dari timurnya Indonesia seperti yang lain," tegas Wiranto. "Misal terjadi (kerusuhan) di Madura, masa saya minta tolong Perancis. Terjadi kerusuhan di Banten, minta Arab Saudi minta tolong. Enggak bisa. Ada permasalahan kita selesaikan sendiri. Jadi itu enggak benar."

Sebelumnya isu tentang Pemerintah Indonesia yang meminta tolong Amerika Serikat untuk menyelesaikan permasalahan di Papua merebak dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Menurut Moeldoko, Indonesia ingin mendapatkan dukungan dari AS dalam menangani persoalan di Papua dan bahkan pihak AS telah sepakat untuk menolong Indonesia dalam mempertahankan wilayah Papua.

Moeldoko menyampaikan ini setelah menerima kedatangan dari Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik David R. Stilwell di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta pada Senin (2/9). Ia juga berharap agar dukungan Amerika kepada Indonesia tidak hanya bersifat diplomatik melainkan juga dalam menjaga situasi keamanan.

"Yang sama-sama kami inginkan adalah kami juga ingin support (dukungan) Amerika atas kondisi yang terjadi di Papua. Dan beliau (David R. Stilwell) sangat support tentang kedaulatan," ujar Moeldoko. "Dukungan dari segala sisi lah, dari sisi diplomatik, menjaga situasi bersama, karena kita sama-sama Amerika juga memiliki kegiatan di sana (Papua)."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait