Nasi Blawong, Makanan Bangsawan Keraton Yogyakarta yang Sakral
Kuliner

Dulu beberapa kuliner tertentu hanya bisa dinikmati oleh anggota keluarga kerajaan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kuliner-kuliner tersebut bisa dinikmati masyarakat luas dengan bebas.

WowKeren - Kuliner kerajaan berikutnya adalah nasi blawong yang merupakan makanan khas Keraton Yogyakarta. Kuliner ini dianggap cukup sakral karena dulunya hanya disajikan ketika ada acara peringatan Tingalan Dalem atau ulang tahun Sultan Hamengkubuwono.

Nasi blawong sendiri terdiri dari nasi putih yang dimasak dengan menggunakan beberapa jenis rempah. Sehingga setelah tanak, nasi akan berubah warna menjadi merah. Sebagai pelengkap, nasi blawong ditambah dengan berbagai lauk seperti ayam goreng laos atau ayam bacem, daging lombok kethok, telur masak pindang dan peyek ikan teri.

Tapi karena arti pentingnya, tidak mudah untuk menemukan penjual nasi blawong. Namun jika kamu ingin mencicipinya, ada baiknya untuk pergi ke Gadri Resto yang terletak persis di barat keraton. Karena restoran ini milik anggota keraton Yogyakarta, rasa makanan dijamin merupakan hasil dari racikan turun temurun keluarga keraton.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel