Coto Makassar ada sejak Zaman Kerajaan Gowa Pada Abad ke-16
Kuliner

Dulu beberapa kuliner tertentu hanya bisa dinikmati oleh anggota keluarga kerajaan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kuliner-kuliner tersebut bisa dinikmati masyarakat luas dengan bebas.

WowKeren - Makassar juga memiliki makanan khas yang bernama Coto Makassar. Kuliner ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 pada zaman Kerajaan Gowa berdiri.

Dulunya hidangan Coto Makassar bagian daging sapi hanya boleh dinikmati oleh keluarga kerajaan. Sedangkan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem diizinkan untuk menikmati bagian jeroan dari kuliner ini. Namun saat ini Coto Makassar sudah menyebar ke seluruh Indonesia dan dijual bebas, sehingga bisa dinikmati oleh siapapun.

Coto Makassar berbeda dengan soto pada umumnya, karena kuahnya terbuat dari kacang tanah sehingga terasa lebih kental. Selain berbahan dasar daging sapi, Coto Makassar juga bisa menggunakan jeroan sapi seperti limpa, lidah, jantung, hati dan otak. Selain itu, dalam pembuatannya membutuhkan hingga 40 macam rempah-rempah. Dan biasanya Coto Makassar dinikmati dengan burasa (ketupat khas Makassar), serta taburan daun bawang dan perasa jeruk nipis.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel