Kuah Pliek U adalah Makanan Raja-Raja Aceh Sejak Abad ke-16
Kuliner

Dulu beberapa kuliner tertentu hanya bisa dinikmati oleh anggota keluarga kerajaan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kuliner-kuliner tersebut bisa dinikmati masyarakat luas dengan bebas.

WowKeren - Raja-raja di Aceh juga memiliki makanan kesukaannya sendiri, yakni Kuah Pliek U. Selain raja, makanan ini juga menjadi favorit masyarakat sejak zaman dahulu.

Nama Pliek U sendiri diambil dari salah satu bumbu dasarnya, yakni Pliek U atau yang lebih dikenal dengan Parataran. Makanan ini terbuat dari kelapa parut yang dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Olahan kelapa tersebut menghasilkan minyak goreng dan ampasnya kembali dijemur dan menjadi Pliek U. Selanjutnya dicampur dengan beragam bahan, ada daun, buah melinjo muda, pepaya muda, nangka muda, singkong dan sebagainya.

Salah satu keunikan dari makanan ini terletak pada bumbunya, yakni Pliek U. Karena dapat memberikan aroma yang sedap serta cita rasa yang khas. Selain itu, kandungan vitamin dan gizi di dalamnya dipercaya dapat meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh, sehingga baik untuk kesehatan.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel